Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restaurant



  • Surat Permohonan yang diajukan kepada Kepala DPMPPTSP Tabanan
  • Fotokopi KTP pemohon yang masih berlaku
  • Denah Lokasi
  • Denah Bangunan
  • Pernyataan dan penunjukan sebagai penangungjawab
  • Sertifikat/ijazah tenaga yang memiliki pengetahuan penyehatan/hygiene sanitasi makanan
  • Serifikat/piagam kursus sebagai pengusaha atau penjamah
  • Rekomendasi dari usaha jasa boga
  • Pas foto berwarna ukursn 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  • Data karyawan rumah makan dan restoran
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi
    4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan izin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang
    6. Kepala Bidang meneliti dan memberi paraf penerbitan Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas
    7. Kepala Dinas menandatangani Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
    8. Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin
    9. Petugas Loket pengambilan surat ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran yang sudah ditandatangani.
    14 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran adalah 14 (empat belas) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga

  • Sertifikat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan

     


    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei