Sertifikat Laik Fungsi (SLF)



  • PERMOHONAN BARU SLF: 1. Bangunan bertingkat sampai 2 lantai atau bentangan struktur sampai dengan 6 meter : a. Fotocopy KTP, b. Fotocopy IMB dan lampirannya (Gambar GS), c. Surat Keterangan hasil Pemeriksaan Kelaikan Bangunan Gedung berserta Berita Acara hasil Pemeriksaan dari SKPD/Instansi Teknis., d. Surat Pernyataan bertanggungjawab atas segala resiko yang ditimbulkan terhadap kelaikan fungsi bangunan. 2. Bangunan bertingkat lebih dari 2 lantai atau bentangan struktur lebih dari 6 meter atau bangunan basment: a. Fotocopy KTP, b. Fotocopy IMB dan lampirannya (Gambar GS), c. Surat Keterangan hasil Pemeriksaan Kelaikan Bangunan Gedung berserta Berita Acara hasil Pemeriksaan dari penyedia jasa pengawasan/MK yang memiliki sertifikat keahlian atau lembaga yang berkopeten di bidang bangunan gedung, d. Surat Pernyataan bertanggungjawab atas segala resiko yang ditimbulkan terhadap kelaikan fungsi bangunan
  • PERPANJANGAN SLF: Mengisi formulir permohonan dan dilampiri persyaratan sebagai berikut: 1. Fotocopy KTP, 2. Fotocopy IMB dan lampirannya (Gambar GS), 3. Fotocopy Bukti Kepemilikan Bangunan (BKBG), 4.Surat Keterangan Hasil Pmeriksaan Berkala., 5. SLF Asli.
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Petugas Pengetikan;
    4. Petugas Pengetikan mengetik Draft surat Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk Melengkapi Administrasi guna Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dan menyerahkannya ke Petugas Korektor untuk di koreksi;
    5. Petugas Korektor mengkoreksi Draft Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dan menyerahkannya ke Kepala Bidang
    6. Kepala Bidang meneliti dan memberi paraf penerbitan Sertifikat Laik Fungsi (SLF), kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani Sertifikat Laik Fungsi (SLF) ;
    8. Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin;
    9. Petugas Loket pengambilan ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
    14 Hari kerja

    Jangka waktu Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah selambat-lambatnya 14(empat belas) hari setelah permohonan diterima secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP

    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP

    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP

    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan


    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei