Surat izin tenaga keperawatan



  • Persyaratan permohonan Surat Izin Kerja (SIK) Perawat: Surat Permohonan diajukan kepada Kepala DPMPPTSP Kabupaten Tabanan, Foto Copy Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku, Surat Keterangan Sehat dari dokter, Pas foto 4x6 sebanyak 2 (dua) lembar, Surat Keterangan dari pimpinan pelayanan kesehatan, Rekomendasi dari organisasi profesi persatuan Perawat Nasional Indinesia (PPNI)
  • Persyaratan permohonan Surat Izin Praktik (SIP) Perawat: Foto copy ijazah yang dilegalisir, Foto copy sertifikat kompetensi perawat gigi, Foto copy Surat Tanda Registrasi (STR), Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki izin praktik, Surat pernyataan memiliki tempat praktik dari puskesmas terdekat, Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga lembar), Rekomendasi dari organisasi profesi, Daftar peralatan dan obat-obatan yang dimiliki
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi;
    4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti;
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan surat ijin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang;
    6. Kepala Bidang meneliti dan memberi paraf penerbitan surat ijin, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani Surat Izin Tenaga Keperawatan;
    8. Surat Izin Tenaga Keperawatan yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin;
    9. Petugas Loket pengambilan ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Surat Izin Tenaga Keperawatan dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Surat Izin Tenaga Keperawatan yang sudah ditandatangani.
    5 Hari kerja

    Jangka waktu penyelesaian Surat Izin Tenaga Keperawatan  adalah selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja setelah permohonan diterima secara lengkap dan benar

    Tidak dikenakan biaya

  • Surat Izin Tenaga Keperawatan
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTS
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei