Surat Keterangan Datang Dari Luar Negeri untuk WNI/ TKI



  • Paspor/ Dokumen Pengganti Paspor
  • KARTU KELUARGA
  • KARTU TANDA PENDUDUK
    1. WNI melapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil paling lambat 14 (empat belas ) hari sejak kedatangannya dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut diatas
    2. WNI mengisi dan menandatangani formulir Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data
    4. Petugas menerbitkan Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP
    5. Kasi dan Kabid melakukan periksa terhadap dokumen Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP pemohon
    6. Kepala Dinas menandatangani Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP
    7. Petugas merekam data dalam data base kependudukan
    8. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP kepada pemohon untuk selanjutnya dilaporkan kepada Camat dan Perbekel masing- masing
    20 Menit

    1. WNI melapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil paling lambat 14 (empat belas ) hari sejak kedatangannya dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut diatas
    2. WNI mengisi dan menandatangani formulir Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri (2 menit)
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data (3 menit)
    4. Petugas menerbitkan Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP (3 menit)
    5. Kasi dan Kabid melakukan periksa terhadap dokumen Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP pemohon
    6. Kepala Dinas menandatangani Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP
    7. Petugas merekam data dalam data base kependudukan
    8. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri, KK dan KTP kepada pemohon untuk selanjutnya dilaporkan kepada Camat dan Perbekel masing- masing
    • Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei