Surat Keterangan Pindah dan Pindah Datang Antar Kabupaten/Kota dan Antar Propinsi



  • Kartu Keluarga Asli
  • Foto copy KK alamat yang dituju bagi yang kawin/ menumpang KK
  • Foto copy akta kelahiran bagi yang pindah dengan alasan keluarga
  • Paspoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar
  • Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya
    1. Petugas menerima berkas perrmohonan pindah penduduk
    2. Petugas melakukan verifikasi terhadap permohonan pindah
    3. Petugas mencetak Surat Keterangan Pindah (SKP)
    4. Kasi dan Kabid yang menangani melakukan peiksa dan membubuhkan paraf
    5. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani SKP
    6. Petugas menyerahkan SKP bagi penduduk yang pindah untuk dilaporkan ke daerah tujuan dan menerbitkan KK dan KTP baru bagi yang tidak pindah
    20 Menit

    1. Petugas menerima berkas perrmohonan pindah penduduk
    2. Petugas melakukan verifikasi terhadap permohonan pindah
    3. Petugas mencetak Surat Keterangan Pindah (SKP)
    4. Kasi dan Kabid yang menangani melakukan peiksa dan membubuhkan paraf
    5. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani SKP
    6. Petugas menyerahkan SKP bagi penduduk yang pindah untuk dilaporkan ke daerah tujuan dan menerbitkan KK dan KTP baru bagi yang tidak pindah
    1. Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. Pengaduan secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei