Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri Untuk WNI/ TKI



  • KARTU KELUARGA
  • KARTU TANDA PENDUDUK
    1. Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabanan menerima berkas permohonan pindah dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut diatas
    2. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
    3. Petugas mencetak Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri
    4. Kasi dan Kabid yang menangani memeriksa berkas permohonan kemudian membubuhkan pada permohonan tersebut
    5. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri
    6. Petugas mencabut KTP penduduk yang telah mendapatkan Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri
    7. Daklam hal satu keluarga pindah ke luar negeri, KK penduduk yang bersangkutan dicabut oleh Dinas
    8. Dalam hal satu orang atau beberapa orang dari satu keluarga pindah ke luar negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukanpembaharuan KK bagi yang tinggal
    20 Menit

    1. Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabanan menerima berkas permohonan pindah dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut diatas (1 menit)
    2. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk (5 menit)
    3. Petugas mencetak Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri (2 menit)
    4. Kasi dan Kabid yang menangani memeriksa berkas permohonan kemudian membubuhkan pada permohonan tersebut (5 menit)
    5. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri (4 menit)
    6. Petugas mencabut KTP penduduk yang telah mendapatkan Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri (1 menit)
    7. Daklam hal satu keluarga pindah ke luar negeri, KK penduduk yang bersangkutan dicabut oleh Dinas (1 menit)
    8. Dalam hal satu orang atau beberapa orang dari satu keluarga pindah ke luar negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukanpembaharuan KK bagi yang tinggal (1 menit)
  • Dokumen Surat Keterangan Kependudukan
    • Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei