Surat Keterangan Tempat Tinggal untuk Orang Asing Tinggal Terbatas (SKTT)



  • Foto copy Paspor
  • Foto copy ijin tinggal terbatas dengan menunjukkan Aslinya
  • Surat Keterangan Tanda Lapor Diri (dari kepolisian)
  • Surat Keterangan Perkawinan dan Akta Pernikahan/ Buku Nikah (bila sudah menikah)
  • Surat Keterangan Domisili dari Desa diketahui oleh Camat
  • Surat Keterangan Sponsor
  • Paspoto berwarna ukran 2 x 3 sebanyak 2 lembar, 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  • Mengisi blanko pemohonan SKTT
  • Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya
    1. Orang asing melapor kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan
    2. Pemohon mengisi formulir permohonan SKTT
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data
    4. Petugas mencetak SKTT kepada kasi yang berwenang
    5. Kasi dan Kabid yang menangani melakukan periksa dan membubuhkan paraf
    6. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menandatangani SKTT
    7. Petugas melakukan entry data
    8. Petugas menyerahkan dokumen SKTT kepada orang asing
    20 Menit

    1. Orang asing melapor kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan (1 menit)
    2. Pemohon mengisi formulir permohonan SKTT(1 menit)
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data (2 menit)
    4. Petugas mencetak SKTT kepada kasi yang berwenang (2 menit)
    5. Kasi dan Kabid yang menangani melakukan periksa dan membubuhkan paraf (5 menit)
    6. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menandatangani SKTT (5 menit)
    7. Petugas melakukan entry data (3 menit)
    8. Petugas menyerahkan dokumen SKTT kepada orang asing (1 menit)
  • Dokumen SKTT
    1. Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. Pengaduan secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei