Tanda Daftar Perusahaan



  • a. Permohonan Baru;
  • Fotocopy KTP yang masih berlaku;
  • Foto copy Akta Notaris Pendirian Perusahaan bagi yang berbadan hukum persekutuan / koperasi
  • Fotocopy SITU yang masih berlaku
  • Fotocopy NPWP
  • Ijin Lingkungan bagi usaha dan atau kegiatan yang wajib memiliki amdal dan UKL-UPL serta SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup) bagi Usaha dan/atau kegiatan yang tidak wajibamdal dan UKL-UPL
  • Neraca Perusahaan
  • Pas Photo berwarna ukuran 4 x6 cm sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga bagi pemohon wanita
  • b. Permohonan pembukaan kantor cabang/ perwakilan perusahaan;
  • Fotocopy KTP yang masih berlaku dan surat penunjukkan sebagai penanggung jawab kantor cabang/perwakilan perusahaan
  • Fotocopy SIUP Kantor Pusat Perusahaan yang telah dilegalisir oleh Pejabat Penerbit SIUP
  • Fotocopy dokumen pembukaan Kantor Cabang/Perwakilan Perusahaan
  • Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) kantor cabang/perwakilan
  • Ijin Lingkungan bagi usaha dan atau kegiatan yang wajib memiliki amdal dan UKL-UPL serta SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup) bagi Usaha dan/atau kegiatan yang tidak wajibamdal dan UKL-UPL
  • Neraca Perusahaan Kantor Cabang/Perwakilan
  • Pas photo berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga bagi pemohon wanita
  • c. Permohonan Perubahan
  • Surat Permohonan SIUP
  • SIUP asli
  • Neraca tahun terakhir
  • Data Pendukung perubahan
  • Pas photo pemilik/penganggung jawab perusahaan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga bagi pemohon wanita
  • Ijin Lingkungan bagi usaha dan atau kegiatan yang wajib memiliki amdal dan UKL-UPL serta SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup) bagi Usaha dan/atau kegiatan yang tidak wajibamdal dan UKL-UPL
  • d. Permohonan Penggantian (Hilang dan Rusak)
  • KTP yang masih berlaku (SIUP yang hilang)
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian (SIUP yang hilang)
  • Foto pemilik atau Penanggungjawab Perusahaan ukuran 4x6 cm (2 lembar) (SIUP yang hilang)
  • SIUP Asli (SIUP yang rusak)
    1. 1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. 2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    3. 3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi;
    4. 4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti;
    5. 5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan surat ijin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang Pelayanan Perijinan;
    6. 6. Kepala Bidang Pelayanan Perijinan meneliti dan memberi paraf penerbitan surat ijin, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas;
    7. 7. Kepala Dinas menandatangani Tanda Daftar Perusahaan (TDP);
    8. 8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin;
    9. 9. Petugas Loket pengambilan ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP)yang sudah ditandatangani.
    5 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian TDP  adalah 5 (lima) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus TDP  melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga.

  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei