Tanda Daftar usaha Pariwisata (TDUP)



  • Fotocopy ITR
  • Fotocopy PPM
  • Foto copy rekomendasi dokumen lingkungan hidup (AMDAL/UKL/UPL/DPL)
  • Foto copy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Foto copy Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  • Identitas pemohon berupa KTP atau surat keterangan domisili
  • Akte pendirian badan usaha beserta perubahan apabila ada, bagi yang berbadan hukum
  • Bukti kepemilikan/penguasaan hak atas tanah
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi
    4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan surat ijin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang Pelayanan Perijinan
    6. Kepala Bidang Pelayanan Perijinan meneliti dan memberi paraf penerbitan surat ijin, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas
    7. Kepala Dinas menandatangani Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    8. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin
    9. Petugas Loket pengambilan ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang sudah ditandatangani
    5 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian TDUP  adalah 5 (lima) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus surat Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga

  • Surat Tanda Daftar Usaha Pariwisata
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim/petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan

     


    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei