Perluasan Penanaman Modal



  • Mengisi formulir permohonan Izin Usaha Perluasan yang di tanda tangan oleh direktur, dibubuhi materai Rp. 6.000., dan disertai cap perusahaan.
  • Scan perizinan berupa Izin Prinsip/Izin Investasi/Izin Usaha/Izin Kementerian/Lembaga/Dinas terkait yang telah dimiliki
  • Scan Akta Pendirian perusahaan dilengkapi dengan pengesahan Anggaran Dasar Perusahaan dan persetujuan/pemberitahuan Perluasan dari Menteri Hukum dan HAM, dan Perluasannya (apabila ada)
  • NPWP perusahaan
  • Scan legalitas lokasi proyek dan/atau alamat perusahaan terdiri dari :
  • A. Scan bukti penguasaan tanah dan/atau bangunan untuk kantor dan/atau gudang berupa :
  • Perjanjian pengingkatan jual-beli (PPJB) disertai dengan bukti pelunasan, atau
  • Akta jual beli oleh PPAT atas nama Perusahaan, atau
  • Sertifikat Hak Atas Tanah, dan IMB
  • B. Bukti perjanjian sewa menyewa tanah dan/atau gedung/bangunan, berupa scan perjanjian sewa-menyewa tanah dan/atau bangunan atas nama perusahaan dengan jangka waktu sewa :
  • Minimal 3 (tiga) tahun untuk bidang usaha industri,
  • Minimal 1 (satu) tahun untuk bidang usaha jasa/perdagangan, terhitung sejak tanggal permohonan diajukan;
  • Keterangan : Dengan mencantumkan luasan lahan yang dipergunakan.
  • Bila kurang dari jangka waktu tersebut,
  • dilampirkan surat keterangan dari direksi untuk memperpanjang atau pindah ke lokasi lain.
  • C. Bukti afiliasi dan perjanjian pinjam pakai, bila :
  • Tempat kedudukan kantor pusat perusahaan berada dalam 1 (satu) bangunan secara utuh dan terpadu dengan beberapa perusahaan lainnya yang memiliki afiliasi, atau
  • Tempat kedudukan kantor pusat perusahaan berada di lahan atau bangunan yang dikuasai oleh perusahaan lain yang memiliki afiliasi,
  • Afiliasi sebagaimana dimaksud di atas, apabila 1 (satu) grup perusahaan, yang dibuktikan dengan kepemilikan saham dalam Akta perusahaan.
  • Izin lokasi/surat dari instansi terkait mengenai tata ruang kota dan peruntukan lokasi industri bila perusahaan berada di luar Kawasan Industri.
  • Kelengkapan perizinan daerah sesuai lokasi proyek :
  • a. Scan Izin Gangguan (UUG/HO) dan/atau SITU bagi perusahaan yang berlokasi di luar kawasan industri sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah setempat
  • b. Bagi perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri atau gedung perkantoran, tidak diwajibkan melampirkan scan Izin Gangguan (UUG/HO) dan/atau SITU;
  • Scan dokumen lengkap dan persetujuan/pengesahan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) atau Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) atau Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)
  • Scan Izin Lingkungan untuk perusahaan yang telah memiliki AMDAL atau UKL-UPL
  • LKPM periode terakhir dan tanda terima penyampaian dari PTSP Pusat Di BKPM/BPMPTSP Provinsi/ Kabupaten/Kota
  • Rekomendasi dari Kementerian/Lembaga pembina apabila dipersyaratkan sesuai ketentuan bidang usaha, misalnya :
  • a. Rekomendasi dari Kementerian Perdagangan c.q. Direktorat Bina Usaha untuk pengajuan SIUPL
  • b. Rekomendasi dari Kementerian Perindustrian: Industri dengan KBLI 2410 dan 2420/ Industri cakram optic / Industri minuman beralkohol
  • c. Rekomendasi teknis Izin Usaha dari Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian untuk perkebunan buah kelapa sawit dan industri minyak kelapa sawit;
  • Surat kuasa asli bermeterai cukup dan stempel perusahaan, bila pengurusan tidak dilakukan secara langsung oleh direksi/pimpinan perusahaan dengan dilengkapi dokumen penerima kuasa;
  • Untuk pengurusan SIUPL Sementara ditambahkan :
  • a. Scan surat izin atau surat pendaftaran lainnya dari Kementerian/Lembaga untuk jenis produk yang diperdagangkan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan dengan minimal 2 (dua) jenis produk
  • b. Scan kontrak kerjasama atau surat penunjukan (apabila perusahaan mendapat barang/jasa dari perusahaan lain/produsen/supplier)
  • c. Scan identitas Direktur Utama atau penanggungjawab perusahaan dan pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar
  • d. Rancangan program kompensasi mitra usaha, kode etik, dan peraturan perusahaan
  • Untuk permohonan SIUPL Tetap ditambah persyaratan:a. Melampirkan asli dari SIUPL Sementara ;
  • b. Scan neraca perusahaan tahun terakhir;
  • 15. Untuk Permohonan IUJK ditambah persyaratan:a. Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang masih berlaku ;
  • b. Scan identitas Direktur Utama atau penanggungjawab perusahaan dan Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar
  • 16. Untuk permohonan Izin Usaha Tetap Jasa Penunjang Pertambangan (Minerba, atau Panas Bumi, atau Migas) ditambahkan persyaratan :
  • a. Izin Usaha Jasa Penunjang Pertambangan (IUJP) atau;
  • b. Surat Keterangan Terdaftar (SKT).
  • Khusus untuk bidang usaha perdagangan dan jasa, dilampirkan dengan :
  • a. Rincian investasi yang mencantumkan alokasi investasi terbesar
  • b. Bukti setor modal ditempatkan dan disetor atau neraca keuangan yang mencantumkan equity perusahaan
  • 18. Khusus untuk bidang usaha perdagangan besar (distributor utama) ditambahkan persyaratan :
  • a. Surat Penunjukan Distributor dan;
  • b. Bukti penguasaan gudang.
  • Hasil pemeriksaan lapangan bila diperlukan ;
  • Mengisi Formulir Permohonan
  • Surat kuasa bagi pengurusan permohonan yang tidak dilakukan secara langsung oleh diirektur/pimpinan perusaha
  • Scan Akte Perusahaan
  • Scan NPWP
  • Neraca Keuangan
  • Izin Pendaftaran Penanaman Modalan
  • Rencana Detail Perusaha
  • Bukti penguasaan atas tanah
  • Proposal dan presentasi rencana Investasi.
  • Pemanfaatan Tata Ruang Daerah.
  • Laporan Kegiatan Penanaman Modal
  • Rekomendasi Instansi teknis terkait bila dipersyaratkan
    1. Pemohon Melakukan Pendaftaranke Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Subang
    2. Permohonan di sampaikan ke TKPRD
    3. Verifikasi oleh TKPRD
    4. Penyampain Rekomendasi hasil Verifikasi (Disetujui/ Tidak disetujui) dari TKPRD ke DPMPTSP
    5. Rekomendasi disampaikan oleh DMPTSP kepada Pemohon
    6. Rekomendasi yang disetujui di Daftarkan oleh Pemohon melalui dpmptsp.subang.go.id/izin
    7. Pemohon melakukan Pendaftaran Online di dpmptsp.subang.go.id/izin
    8. Pemohon melengkapi Persyaratan sesuai Izin yang dimohon
    9. DPMPTSP melakukan Verifikasi Kesesuaian Persyaratan (Catatan : Permohonan yang Lengkap dan sesuai akan diterukan Penandatanganan Izin, Permohonan yang tidak Lengkap dan tidak sesuai akan ditolak)
    10. Pengisian Survey Kepuasan
    11. Penyerahan Izin
    14 Hari kerja

    Tidak dipungut biaya
  • PERLUASAN PENANAMAN MODAL
  • DPMPTSP Kabupaten Subang Jl. Ade Irma Suryani N0. 02 Subang (0206) 411104 dan dpmptsp.subang.go.id/izin


    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei