Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)



  • Pemohon mengambil Blangko di Kecamatan
  • Membawa fotocopy KTP
  • Membawa Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan tentang Luas Bangunan dan Denah Bangunan
    1. Pemohon mengambil blanko dan mengambil dokumen yang diperlukan,setelah di isi pemohon menyerahkan berkas permohonan dan menerima tanda bukti pendaftaran
    2. Petugas Pendaftaran meneliti kelengkapan berkas permohonan IMB, jika belum lengkap dikembalikn pada pemohon untuk dilengkapi
    3. Verivikasi/ pemeriksaan berkas pemohon
    4. penjadwalan pemeriksaan lapangan apabila telah sesuai dengan persyaratan teknis permohonan dilanjutkan untuk penerbitan izin jika tidak akan diterbitkan surat penangguhan/penolakan
    5. Proses SK izin dan penghitungan retribusi
    6. Kepala Seksi Pelayanan Umum meneliti draft Izin,jika sudah sesuai diparaf dan diserahkan kepada Sekcam
    7. Sekcam meneliti draft Izin, diparaf dan diserahkan kepada Sekcam
    8. Camat meneliti draf Izin, Penandatanganan Dokumen Izin Mendirikan Bangunan(IMB)
    9. Proses pembayaran Retribusi
    10. Petugas meregistrasi, memberikan Cap, menggandakan draf Izin, pengarsipan dan penyerahan dokumen izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Pemohon
    11. Pemohon menerima Dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    5 Hari kerja

    Pelayanan pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dilaksanakan penyelesaian selama 5 hari kerja

    1. Retribusi Bangunan Gedung Baru: L x IT x 1.00 x HS. Bg
    2. Retribusi Rehabilitasi/Renovasi Bangunan Gedung :     L x IT x TK x HS. Bg.
    3. Retribusi Prasarana Bangunan Gedung :

    V x 1 x 1.00x HS. Pbg

         Keterangan :

    L            =   Luas Bangunan Gedung

    IT           =   Indek Terintegrasi

    TK          =   Tingkat Kerusakan Sedang 0,45

    TK          =   Tingkat Kerusakan Berat 0, 65

    1.      =   Indek Bangunan Baru

    HSBG     =   Harga Satuan Retribusi Bangunan Gedung

    V            =   Volume

    I             =   Indek

    HSPGB = Harga Satuan Retribusi Prasarana Bangunan          Gedung

    IP           =   Indek Parameter

    IK           =   Indek Kegiatan

    Bangunan Gedung sebesar Rp. 10. 000,-

    Prasarana Bangunan Gedung sebesar Rp. 2.500,-

    Prasarana Spictenk sebesar Rp. 10. 000

  • Surat Keterangan Izin Mendirikan Bangunan
    • Saran, Pengaduan dan Masukan :
    1. Kotak Saran
    2. Telephone
    • Penanganan pengaduan melalui kotak saran akan ditindaklanjuti melalui :
    1. Cek Administrasi/Data.
    2. Koordinasi dengan pihak yang mengadukan.
    3. Koordinasi dengan pihak Desa.
    4. Responsif pengaduan akan ditindak lanjuti 1 (satu) hari sejak diterimanya pengaduan.
    5. Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang ada.
    6. Penyelesaian pengaduan melalui musyawarah denga pihak pengadu.

     


    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei