Penerbitan Akta Kematian



  • Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit/Puskesmas/Visum Dokter/ Surat Keterangan Kematian Kepala Desa/ Lurah;
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Kutipan Akta Kelahiran yang bersangkutan;
  • Foto copy KTP dari 2 (dua) orang saksi berusia 21 tahun ke atas;
  • Bagi WNI Keturunan agar melampirkan : a) Surat Bukti Kewarganegaraan R.I ; b)Surat bukti ganti nama ( bila sudah ganti ).
  • Bagi Warga Negara Asing (WNA) melampirkan foto copy dokumen dan membawa aslinya, antara lain : a)Pasport dan Dokumen Imigrasi; b)Surat Tanda Melapor Diri (STMD) dari ( POLRI).
    1. Pemohon mengisi form dan menyerahkan berkas yang telah lengkap sesuai persyaratan di loket pendaftaran diberi nomor pendaftaran ;
    2. Berkas diteruskan diloket Pelayanan Akta Pencatatan Sipil;
    3. Verifikasi berkas oleh petugas;
    4. Berkas yang lengkap dan memenuhi syarat diteruskan ke operator, yang belum memenuhi syarat dikembalikan kepada pemohon agar dilengkapi terlebih dahulu;
    5. Proses pengentrian dan pencetakan Kutipan dan Register Akta Pencatatan Sipil oleh operator;
    6. Pengecekan dan paraf Kasi dan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil;
    7. Penandatanganan Kutipan dan register Akta oleh Kepala Dinas;
    8. Penyerahan Kutipan kepada Pemohon;
    9. Penerbitan Kutipan Akta Kematian dalam 3 (tiga) hari jadi.
    3 Hari kerja

    sejak berkas permohonan lengkap dan benar, jika tidak ada permasalahan dalam sistem dan jaringan, pejabat penandatangan dokumen tidak berhalangan (sakit/dinas luar)

    Tidak dipungut biaya
  • Kutipan Akta Kematian
  • Pesan Penduduk Cimahi (PESDUK)/sms : 081221700800 ; Email : disdukcapil.cimahi@yahoo.com ; Telepon/Fax : (022) 6631885 ; Kotak saran/pengaduan pada masing-masing dinas, kecamatan atau kelurahan ;


    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei