Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

JALAN TONDONEGORO NOMOR 3 PATI 59115 0295386260
Disdukcapil dispendukcapil.patikab.go.id


IPP - SKM -

Pelayanan Akta Kelahiran

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • Surat kelahiran dari dokter/bidan/desa asli
  • Fotocopy Surat kawin/surat cerai orangtua/SPTJM Suami Istri (dilegalisir/ dibawa aslinya)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP orangtua/Wali Pelapor
  • Fotocopy KTP Saksi kelahiran 2 (dua) orang
  • Pemohon mengambil nomor antrian.
  • Pemohon diterima dengan ramah dan penuh tanggung jawab oleh petugas
  • Pemohon mengisi dan menandatangani serta menyerahkan Permohonan Pendaftaran Akte Kelahiran beserta persyaratannya.
  • Petugas memverifikasi permohonan pendaftaran akte kelahiran dengan persyaratan yang di lampirkan
  • Petugas memberikan paraf pada permohonan akte kelahiran yang telah memenuhi persyaratan.
  • Petugas mengembalikan permohonan akte kelahiran yang tidak memenuhi persyaratan.
  • Bendahara penerimaan mencatat permohonan pendaftaran akte kelahiran yang memenuhi persyaratan ke dalam buku besar.
  • Bendahara penerimaan menyerahkan bukti penerimaan sebagai tanda bukti untuk pengambilan akte kelahiran.
  • Opertor pencatatan sipil melakukan entri data dan mencetak kutipan dan register akte kelahiran
  • Operator memberikan paraf pada kutipan dan register akte kelahiran untuk diserahkan kepada kasi atau kabid dibidang pelayanan pencatatan sipil.
  • Kasi atau kabid dibidang pelayanan pencatatan sipil melakukan koreksi, verifikasi dan paraf hasil cetak kutipan dan register akte kelahiran yang telah memenuhi persyaratan.
  • Permohonna pendaftaran akte kelahiran yang tidak memenuhi persyaratan diserahkan kepada petugas verifikasi untuk dikompilasi dan untuk dilengkapi.
  • Kepala Disduk Capil menandatangani Kutipan dan register akte kelahiran.
  • Petugas loket pengambilan melakukan stempel Dinas dan menyerahkan kutipan akte kelahiran kepada pemohon.
  • Pemohon menandatangani buku register akte kelahiran yang telah di tandatangani oleh Kepala Dinas
3 Hari kerja

Jangka Waktu Pengurusan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maksimal 3 (tiga) hari kerja (berkas lengkap)

Rp. 50.000,-

Pelaporan lebih dari 60 hari (terlambat) dikenakan sanksi denda administrasi bagi WNI Rp. 50.000,- dan bagi WNA Rp. 100.000,-

  • AKTA KELAHIRAN
  • Dinas Kependuddukan dan Pencatatan Sipil

    Jl. Tondonegoro No. 3 Pati

    (0295)386260

    WA/Telp.  :  081 335 341 313

    Email           :  disdukcapilpatibisa@gmail.com                       

    Fb                 :  disdukcapilpatibisa

    Twitter       :  @disdukcapilpatibisa

    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Pelayanan Akta Kelahiran"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    LAPAS PASIR PUTIH PASTI HEBAT ( Humanis Energik Bijak Aman Tanggap )

    Sebutan Humanis Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan tidak hanya ucapan belaka, namun juga diterapkan dalam pelaksanaan tugasnya, salam, senyum, sapa selalu disampaikan kepada seluruh Warga Binaan,

    19/06/2021

    “ Cirebon Zona Merah Covid , Lapas rutin disemprot “

    Tim sterilisasi Disinfektan sudah bergerak sedari pagi tadi menyemprot cairan disinfektan ke seluruh ruangan di Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon. Kegiatan ini menjadi gerak nyata menindak lanjuti perintah Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid 19 Direktur

    19/06/2021

    Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

    Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

    19/06/2021
    Berita lainnya

    Isu dan Keluhan

    Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Akta Kelahiran"

    Layanan Terkait

    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei