Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember


IPP - SKM -

Ijin Pendirian dan Operasional Klinik Pratama Rawat Inap dan Rawat Jalan

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • IJIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL KLINIK PRATAMA RAWAT INAP DAN RAWAT JALAN BARU
  • Permohonan Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember bermaterai Rp. 6000,- Oleh Pemimpin Yayasan / Penanggung Jawab Sarana
  • Identitas pemohon ( Salinan / fotocopy KTP )
  • Foto copy akte Pendirian (Pemohon berbadan hukum) atau daftar riwayat pekerjaan pemimpin sarana kesehatan dimaksud yang disahkan oleh instansi yang berwenang (bagi pemohon perorangan)
  • Fotokopi Izin lokasi dari Pemerintah Daerah, Kepemilikan tanah/Kontrak minimal 5 tahun, IMB dari Pemerintah Kabupaten, Izin mendirikan Tempat usaha (Izin HO)
  • Surat pernyataan kesediaan mentaati peraturan/ perundang- undangan yang berlaku oleh Pemimpin Yayasan / Penanggung jawab Sarana Kesehatan dimaksud bermaterai Rp. 6000,-
  • Daftar ketenagaan yang harus tersedia Dokter Pelaksana (SIP) Dokter Gigi (SIP) Perawat (SIP) Bidan (SIB) Tenaga Ahli Gizi Apoteker Assisten Apoteker Non Medis
  • Pernyataan kesediaan bekerja sebagai penanggung jawab dan staf pelaksana (setiap pekerja) bermaterai Rp. 6000,-
  • Fotocopy SIP tenaga medis ( Dokter ) dan paramedis
  • Struktur organisasi pelayanan kesehatan yang teruraikan dalam pembagian tugas dan fungsi pelayanan
  • Dokumen UKL / UPL
  • Daftar tarif Pelayanan
  • Daftar Peralatan yang dimiliki
  • Peta / Denah Lokasi Rawat Inap Medik Dasar
  • Sarana ( Maksimal 10 Tempat Tidur minimal 5 Tempat Tidur, Ruang Tunggu, Ruang Periksa, Ruang Rawat Inap, Kamar Mandi / Toilet, UGD, Apotik, Pojok ASI, Ruang Dapur, Ruang Laundry, Ruang Laboratorium, Ambulance bagi Klinik Rawat Inap)
  • Alat ( Daftar Peralatan Medis dan Alat Laboratorium sederhana)
  • Studi Kelayakan
  • IJIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL KLINIK PRATAMA RAWAT INAP DAN RAWAT JALAN PERPANJANGAN
  • Permohonan Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember bermaterai Rp. 6000,- Oleh Pemimpin Yayasan / Penanggung Jawab Sarana
  • Identitas pemohon ( Salinan / fotocopy KTP )
  • Foto copy akte Pendirian (Pemohon berbadan hukum) atau daftar riwayat pekerjaan pemimpin sarana kesehatan dimaksud yang disahkan oleh instansi yang berwenang (bagi pemohon perorangan)
  • Fotokopi Izin lokasi dari Pemerintah Daerah, Kepemilikan tanah/Kontrak minimal 5 tahun, IMB dari Pemerintah Kabupaten, Izin mendirikan Tempat usaha (Izin HO)
  • Surat pernyataan kesediaan mentaati peraturan/ perundang- undangan yang berlaku oleh Pemimpin Yayasan / Penanggung jawab Sarana Kesehatan dimaksud bermaterai Rp. 6000,-
  • Daftar ketenagaan yang harus tersedia Dokter Pelaksana (SIP) Dokter Gigi (SIP) Perawat (SIP) Bidan (SIB) Tenaga Ahli Gizi Apoteker Assisten Apoteker Non Medis
  • Pernyataan kesediaan bekerja sebagai penanggung jawab dan staf pelaksana (setiap pekerja) bermaterai Rp. 6000,-
  • Fotocopy SIP tenaga medis ( Dokter ) dan paramedis
  • Struktur organisasi pelayanan kesehatan yang teruraikan dalam pembagian tugas dan fungsi pelayanan
  • Dokumen UKL / UPL
  • Daftar tarif Pelayanan
  • Daftar Peralatan yang dimiliki
  • Peta / Denah Lokasi Rawat Inap Medik Dasar
  • Sarana ( Maksimal 10 Tempat Tidur minimal 5 Tempat Tidur, Ruang Tunggu, Ruang Periksa, Ruang Rawat Inap, Kamar Mandi / Toilet, UGD, Apotik, Pojok ASI, Ruang Dapur, Ruang Laundry, Ruang Laboratorium, Ambulance bagi Klinik Rawat Inap)
  • Alat ( Daftar Peralatan Medis dan Alat Laboratorium sederhana)
  • Studi Kelayakan

  • Pemohon mengisi form permohonan dengan dilengkapi persyaratan administrasi yang ditetapkan.
  • Petugas Front Office meneliti persyaratan administrasi sesuai dengan izin yang dimohon.
  • Jika Persyaratan administrasi perizinan lengkap, data diinput/entry data, memberikan Tanda Terima Berkas (TTB), validasi berkas permohonan dan paraf oleh Kasie Pelayanan dan Penetapan Perijinan, kemudian berkas diserahkan ke Kepala Bidang Perijinan.
  • Validasi berkas/dokumen permohonan kelengkapan dan kebenaran oleh Kepala Bidang Perizinan serta pengecekan lapangan bersama Tim Teknis Tinjau Lapangan guna memeriksa kesesuaian dokumen dengan fakta di lapangan.
  • Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan Tim Teknis Tinjau Lapangan memberikan rekomendasi untuk menyetujui atau menolak permohonan izin yang dituangkan dalam rekomendasi dan perhitungan retribusi kepada Kepala DPM-PTSP Kabupaten Jember.
  • Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat administrasi dan teknis, maka permohonan dikembalikanke pemohon dengan diterbitkan surat penolakan, jika persyaratan telah lengkap dan benar kemudian diproses, dan selanjutnya dibuatkan draf keputusan.
  • Draf keputusan diparaf Kabid Perizinan, Kasie Perizinan selanjutnya ditandangani Kepala Dinas.
  • Pemohon bisa mengambil SK Izin dimaksud dengan menunjukkan bukti pembayaran atas SKRD tersebut. Sebelum SK diserahkan ke pemohon dilakukan penomoran SK Izin tersebut.
30 Hari kerja

Tidak dipungut biaya
  • ijin pendirian dan operasional klinik pratama rawat inap dan rawat jalan
  • Call Center DPMPTSP Kab. Jember Email : DinasPMPTSP2@gmail.com

    Telp. (0331) 4431707 Fax. (0331) 4431707

    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Ijin Pendirian dan Operasional Klinik Pratama Rawat Inap dan Rawat Jalan "

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    “GERAKAN 26 JUTA MASKER SE PROVINSI JAWA TIMUR”.

    Dalam kegiatan serentak gerakan bagi masker ini Gubernur Jawa Timur Khofifah langsung bergerak cepat dengan menggandeng seluruh Kabupaten/Kota yang akan dilaunchingnya 26 Juta masker secara serentak.

    10/08/2020

    Pemenang Lomba IGA Kotamobagu Resmi Diumumkan

    Para pemenang Innovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu 2020, Kamis (2/7/2020) resmi diumumkan.

    07/08/2020
    Berita lainnya

    Isu dan Keluhan

    Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Ijin Pendirian dan Operasional Klinik Pratama Rawat Inap dan Rawat Jalan "

    Layanan Terkait

    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei