Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember


IPP - SKM -

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • Mengisi formulir Permohonan IMB
  • Fotocopy surat bukti kepemilikan/penguasaan tanah dan/atau bangunan yang sah secara hokum (dilegalisir)
  • Surat Keterangan tidak keberatan dari pemilik tanah (bermaterai) apabila tanah tersebut bukan milik sendiri diketahui lurah/ kepala desa dan camat.
  • Fotocopy SIPTT bagi tanah yang masih berupa lahan efektif
  • Fotocopy Surat bukti pelunasan PBB tahun terakhir
  • Fotocopy KTP / identitas pemohon
  • Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
  • Peta Situasi skala 1 : 1.000 atau 1 : 1.500
  • Gambar rencana/arsitektur bangunan dengan skala 1 : 100 atau 1 : 200, detail skala 1:20
  • Perhitungan konstruksi dan perhitungan instalasi bagi bangunan jumlah lantainya lebih dari 2 lantai.
  • Rekaman informasi kesesuaian pemanfaatan ruang RT/RW Kabupaten Jember
  • Persetujuan Tetangga (Bagi Bangunan yang jumlah lantainya lebih dari 2 (Dua)
  • Fotocopy izin lokasi/persetujuan prinsip
  • Surat Kuasa apabila pengurusan/penandatanganannya dilakukan oleh selain pemohon sendiri
  • Fotocopy Akta pendirian perusahaan/Anggaran Dasar bagi yang berstatus Badan Hukum/Badan Usaha
  • Surat Pernyataan pemohon tentang kesanggupan mematuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Pemerintah Kabupaten
  • Rekaman Rencana Tata Bangunan dan Prasaranan Kawasan Industri yang disetujui oleh Bupati Jember dengan menunjukkan lokasi kavling untuk bangunan yang bersangkutan, bagi Perusahaan Industri yang berlokasi di Kawasan Industri
  • Dokumen kajian lingkungan AMDAL, UKL-UPL, DPLH dan/atau Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)
  • Gambar bangunan secara lengkap dan ditambah sistem struktur dan utilitas bagi bangunan gedung dengan jumlah total luas lantai lebih dari 500 M2
  • Perhitungan Perencanaan Konstruksi secara lengkap struktur bangunan dan disertai hasil penyelidikan tanah bagi menara atau tower dengan ketinggian lebih dari 40 meter dan bagi bangunan gedung 3 lantai atau lebih
  • Data penyedia jasa perencanaan, bagi yang menggunakan jasa konsultasi perencanaan.
  • Fotocopy Site Plain dari dinas terkait

  • Pemohon mengisi form permohonan dengan dilengkapi persyaratan administrasi yang ditetapkan;
  • Petugas Front Office meneliti persyaratan administrasi sesuai dengan izin yang dimohon;
  • Jika Persyaratan administrasi perizinan lengkap, data diinput/entry data, memberikan Tanda Terima Berkas (TTB) oleh petugas Front Office (FO), validasi berkas permohonan oleh petugas Back Office (BO);
  • Pelaksanaan Verifikasi dan/atau Tinjau Lapangan dilaksanakan oleh Tim Teknis Internal dan/atau Eksternal guna memeriksa kesesuaian dokumen dengan fakta di lapangan, atau jika data dianggap valid maka cukup verifikasi dokumen yang ada sebagai dasar penerbitan Surat Ketetapan Izin Mendirikan Bangunan;
  • Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan oleh Tim Teknis Tinjau Lapangan atau dokumen/data yang ada tim teknis memberikan rekomendasi untuk menyetujui atau menolak permohonan izin yang dituangkan dalam rekomendasi dan perhitungan retribusi kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember;
  • Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat administrasi dan teknis, maka permohonan dikembalikan ke pemohon dengan diterbitkan surat penolakan, jika persyaratan telah lengkap dan benar kemudian diproses, dan selanjutnya dibuatkan draf keputusan;
  • Draf keputusan Izin Mendirikan Bangunan untuk lembaga dan jenis usaha yang diharuskan memenuhi persyaratan AMDAL, UKL-UPL di siapkan oleh BO ( Back Office ) diparaf Kabid Perizinan atau Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember dan Sekretaris Daerah selanjutnya ditandangani oleh Bupati, Sedangakan Draft Keputusan Izin Mendirikan Bangunan Perumahan dan Permukiman di sediakan oleh BO ( Back Office ) diparaf Kabid Perizinan atau Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember selanjutnya ditandangani oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember;
  • Untuk permohonan izin yang telah disetujui, selanjutnya Seksi Pelayanan dan Penetapan Perizinan atau staf yang ditunjuk melakukan penghitungan untuk penetapan retribusi. Hasil penetapan retribusi selanjutnya dibuatkan Surat Ketetapan Retribusi diparaf oleh Kabid. Perizinan atau Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang disampaikan kepada pemohon. Selanjutnya pemohon melakukan pembayaran pada Kas Daerah/Bank yang telah ditunjuk dengan menyerahkan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD);
  • Pemohon bisa mengambil SK Izin dimaksud dengan menunjukkan bukti pembayaran atas SKRD tersebut. Sebelum SK diserahkan ke pemohon dilakukan penomoran SK Izin tersebut.
  • Catatan : IMB Bangunan Gedung Sederhana 1 (Satu) Lantai, IMB Bangunan Gedung Sederhana 2 (Dua) Lantai dan Bangunan Gedung Tidak Sederhana Bukan Untuk Kepentingan Umum,Verifikasi dan/atau tinjau lapangan dilaksanakan oleh Tim Teknis Internal dan/atau eksternal OPD terkait, sedangkan IMB Bangunan Gedung Tidak Sederhana Untuk Kepentingan Umum dan Bangunan Gedung Khusus verifikasi dan/atau Tinjau lapangan dilaksanakan oleh Tim teknis Internal dan/atau eksternal OPD terkait dan/atau oleh Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG)
14 Hari kerja

Empat Belas Hari Kerja

Berdasarkan Perda Kab. Jember No 6 Tahun 2011

Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jl. PB. Sudirman No.11 Telp. 4431707 No. WA 081322350994

Berikan Rating

Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Izin Mendirikan Bangunan (IMB)"

Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

Berita Instansi

TUNJUKKAN SEMANGAT NASIONALISME, AYO... KITA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH

Bupati Banyuasin H. Askolani ajak masyarakat untuk memasang bendera merah putih

04/08/2020

Tatanan Kehidupan Bali Era Baru (New Normal)

Rabu, 1 Juli 2020. Bertempat di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak, Camat Gerokgak Made Juartawan, S.STP, MM bersama Perbekel se- Kecamatan Gerokgak, dan Plt. Kasi Pelayanan Umum Terpadu Kecamatan Gerokgak mengikuti video conference bersama Bap

04/08/2020

Inovasi Gunung Lawu KPP Pratama Karanganyar

Selain merupakan nama Gunung di wilayah Karanganyar, KPP Pratama Karanganyar juga menggunakan nama Lawu sebagai salah satu nama dari inovasi pelayanannya. Inovasi Gunung Lawu merupakan layanan edukasi kepada Wajib Pajak Usahawan yang baru mendaftarkan dir

04/08/2020
Berita lainnya

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Izin Mendirikan Bangunan (IMB)"

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei