Pengajuan Alokasi Dana Desa (ADD)



  • Surat permohonan dari pemerintah desa kepada bupati melalui camat
  • Rencana Penggunaan Dana belanja mengikat dan operasional perkantoran
  • Rencana penggunaan dana penghasilan tetap kades dan perangkat desa lainnya
  • Rencana penggunaan dana tunjangan BPD
  • Rencana penggunaan dana tunjangan RT/RW
  • Kwitansi penerimaan anggaran asli bermaterai
  • Pakta integritas/ surat pernyataan pertanggungjawaban bermaterai
  • Foto Copy SK Kepala desa dan perangkat desa lainnya
  • Foto copy SK BPD
  • SK RT/RW
  • Peraturan kepala desa (perkades) tentang belanja yang bersifat mengikat dan bersifat wajib
  • Foto copy Buku Rekening Bank Pemerintah Desa dan NPWP
    1. Memeriksa/ memverifikasi berkas pengajuan
    2. Tanda tangan Kasi Pemdes
    3. Membuat surat pengantar dan diregister
    4. Paraf Kasi Pemdes
    5. Tanda tangan camat
    6. Berkas di stempel
    7. Berkas diserahkan ke masing - masing desa
    30 Menit

    - Memeriksa/ memverifikasi berkas pengajuan yang masuk 10 menit (Berkas lengkap)
    - Tanda tangan kepada kasi Pemdes setelah diperiksa ulang 5 menit (Kasi Pemdes berada di tempat/kantor)
    - Membuat surat pengantar dan di register 3 menit
    - Paraf kasi Pemdes pada tiap - tiap nama camat selaku Tim Ferifikasi Kecamatan (TFK) 3 menit (Kasi Pemdes berada di tempat/kantor)
    - Tanda tangan camat 3 menit (Camat berada di tempat/kantor)
    - Berkas di stempel 3 menit
    - Berkas diserahkan kepada desa yang mengajukan 3 menit
    Tidak dipungut biaya
  • Berkas/Rekomendasi Pengajuan ADD
  • Berkas dihimpun sambil menunggu camat

    Layanan Lain

    {list_pelayanan_terkait}
    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei