Rekomendasi Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)



  • Fotocopy KTP Penanggungjawab usaha / kegiatan;
  • Fotocopy NPWP usaha / kegiatan (jika tidak ada bisa diganti dengan NPWP usaha / kegiatan);
  • Dokumen pendirian usaha / kegiatan (Akta Pendirian / Akta Perubahan / Surat Keterangan dari instansi yang berwenang);
  • Fotocopy SIUP & TDP usaha / kegiatan (jika ada);
  • Fotocopy Nomor Induk Berusaha (NIB);
  • Fotocopy Surat Keterangan Domisili usaha / kegiatan yang diterbitkan oleh Kepala Desa / Kelurahan / Camat di lokasi usaha / kegiatan;
  • Fotocopy legalitas status lahan yang ditempati usaha / kegiatan,
  • Fotocopy Surat Pernyataan Persetujuan Tetangga di sekitar lokasi usaha / kegiatan (tanda tangan tetangga sekitar lokasi usaha / kegiatan);
  • Profil usaha / kegiatan;
  • Denah lokasi usaha / kegiatan;
  • Dokumentasi foto lokasi usaha / kegiatan;
  • Dokumentasi foto peralatan / utilitas yang mendukung usaha / kegiatan;
  • Dokumentasi foto Prasarana - Sarana Sanitasi di lokasi usaha / kegiatan;
  • Dokumentasi foto usaha dan/atau kegiatan yang dilakukan (untuk usaha dan/atau kegiatan yang sudah berjalan);
  • Materai Rp.6.000,- (1 Lembar);
    1. Pemrakarsa mengisi blanko Formulir Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL);
    2. Petugas Helpdesk akan memanggil penyedia dan memeriksa kelengkapan berkas permohonan;
    3. Pemrakarsa menyatakan sungguh-sungguh untuk melaksanakan seluruh pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan, dan bersedia untuk diawasi oleh instansi yang berwenang ditunjukkan dengan membuat surat pernyataan dan ditandatangani diatas materai;
    4. Apabila berkas lengkap maka helpdesk menyerahkan berkas permohonan kepada tim pengarah SPPL untuk diproses lebih lanjut;
    5. Tim pengarah SPPL memeriksa ulang kelengkapan berkas permohonan dan melakukan survey lapangan jika diperlukan kemudian membuat berita acara pemeriksaan;
    6. Bila Berita Acara sudah selesai ditandatangani oleh tim pengarah SPPL, maka akan dibuatkan surat Rekomendasi SPPL dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup;
    7. Petugas helpdesk menerima dan menyampaikan lembar persetujuan kepada Penyedia barang/jasa;
    7 Hari

    1. Pemrakarsa mengisi  blanko Formulir Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL);
    2. Petugas Helpdesk akan memanggil penyedia dan memeriksa kelengkapan berkas permohonan;
    3. Pemrakarsa menyatakan sungguh-sungguh untuk melaksanakan seluruh pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan, dan bersedia untuk diawasi oleh instansi yang berwenang ditunjukkan dengan membuat surat pernyataan dan ditandatangani diatas materai;
    4. Apabila berkas lengkap maka helpdesk menyerahkan berkas permohonan kepada tim pengarah SPPL untuk diproses lebih lanjut;
    5. Tim pengarah SPPL memeriksa ulang kelengkapan berkas permohonan dan melakukan survey lapangan jika diperlukan kemudian membuat berita acara pemeriksaan;
    6. Bila Berita Acara sudah selesai ditandatangani oleh tim pengarah SPPL, maka akan dibuatkan surat Rekomendasi SPPL dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup;
    7. Petugas helpdesk menerima dan menyampaikan lembar persetujuan kepada Penyedia barang/jasa;
    Tidak dipungut biaya
  • Rekomendasi Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)

  • Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei