Izin Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)



  • Formulir permohonan yang telah diisi secara lengkap, dibubuhi meterai tempel nominal Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah), ditandatangani Pemohon perorangan
  • Soft file pasfoto berwarna terbaru pemohon ukuran 4 x 6 cm
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) Pemohon yang masih berlaku / Surat Keterangan bahwa Pemohon telah melakukan perekaman data KTP El dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Surat Kuasa Pengurusan Izin dibubuhi meterai tempel nominal Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah) dan KTP El Penerima Kuasa (apabila dikuasakan) / Surat Keterangan telah melakukan perekaman data KTP El dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan / atau Surat Keterangan Terdaftar pada Tata Usaha Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atas nama Pemohon perorangan / badan usaha
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Surat Keterangan Domisili Tempat Usaha
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Tanda Daftar Perusahaan (TDP) bagi perusahaan wajib daftar
  • Hasil pemindaian (scanning) asli bukti status kepemilikan / penguasaan tanah dan / atau bangunan kantor / tempat usaha / kegiatan oleh Pemohon berupa: 1) sertifikat, 2) salinan buku letter C / kerawangan desa / kelurahan yang telah disahkan Kepala Desa / Lurah; 3) kohir / petok yang telah disahkan Kepala Desa / Lurah; 4) akta dilengkapi bukti alas haknya; 5) surat keterangan ahli waris yang telah disahkan Kepala Desa / Lurah dan Camat dilengkapi bukti alas haknya; dan / atau 6) akta / perjanjian sewa menyewa yang dibuat di hadapan Notaris dilengkapi bukti alas haknya
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Surat Tanda Terima Setoran Pajak Bumi dan Bangunan (STTS PBB) / bukti pelunasan PBB tahun berkenaan atas tanah tempat usaha
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Izin Mendirikan Bangunan (IMB) gedung tempat usaha
  • Hasil pemindaian (scanning) asli denah lokasi dan koordinat alamat tempat usaha
  • Hasil pemindaian (scanning) asli Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) dan persetujuannya atau Izin Lingkungan
  • Hasil pemindaian (scanning) asli surat pernyataan pemohon dengan dibubuhi meterai tempel nominal Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah) bahwa: 1) hanya membuat sediaan obat tradisional dalam bentuk param, tapel, pilis, cairan obat luar, dan rajangan; 2) menjamin keamanan, khasiat / manfaat, dan mutu produk obat tradisional yang dihasilkan; 3) melakukan penarikan produk obat tradisional yang tidak memenuhi ketentuan keamanan, khasiat / manfaat, dan mutu dari peredaran; 4) memenuhi pedoman Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) yang ditetapkan oleh Menteri; 5) tidak pernah terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang farmasi; 6) memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku
    1. Pemohon mendapatkan formulir dan penjelasan di loket informasi (customer service) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Situbondo (DPMPTSP) atau melalui portal SiPinTer di alamat http://sipinter.situbondokab.go.id
    2. Pemohon mengisi dan melengkapi formulir beserta persyaratan administratif kemudian menyerahkannya ke petugas front office (FO) pada DPMPTSP
    3. Petugas FO melakukan identifikasi isian formulir permohonan dan kelengkapan persyaratan administratif. Jika lengkap, petugas FO akan meregistrasi dan membuatkan tanda terima berkas untuk pemohon serta menyerahkan berkas permohonan tersebut kepada Kepala Seksi Verifikasi pada DPMPTSP. Sebaliknya jika tidak lengkap atau tidak benar, permohonan ditolak dan dikembalikan kepada pemohon
    4. Kepala Seksi Verifikasi melakukan identifikasi ulang dan verifikasi terhadap kebenaran isian formulir permohonan dan kelengkapan persyaratan administratif. Jika persyaratan terpenuhi dan sesuai, Kepala Seksi Verifikasi segera mengirimkan berkas permohonan tersebut ke Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo dengan surat pengantar untuk mendapatkan rekomendasi. Sebaliknya jika persyaratan tidak terpenuhi dan tidak sesuai, permohonan ditolak dan dikembalikan kepada pemohon
    5. Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo memproses permohonan rekomendasi Izin Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) sesuai Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dengan terlebih dahulu mengadakan peninjauan lapangan / pemeriksaan setempat. Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo adalah merekomendasi atau tidak merekomendasi
    6. Setelah menerima Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Kepala Seksi Penetapan dan Penerbitan pada DPMPTSP mengembalikan berkas permohonan kepada pemohon apabila Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo tidak merekomendasi. Sebaliknya Kepala Seksi Penetapan dan Penerbitan memerintahkan petugas back office untuk melakukan pengolahan izin apabila Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo merekomendasi
    7. Kepala Seksi Penetapan dan Penerbitan memeriksa format, mencermati redaksi, dan membubuhkan paraf pada draf surat izin yang sebelumnya juga diparaf oleh Kepala Seksi Verifikasi
    8. Kepala Bidang Pelayanan Terpadu memeriksa kembali dan membubuhkan paraf pada draf surat izin. Jika tidak sesuai, maka draf dikembalikan ke Kepala Seksi Penetapan dan Penerbitan pada DPMPTSP untuk direvisi
    9. Kepala DPMPTSP memeriksa kembali dan menandatangani penerbitan surat izin. Jika tidak sesuai, maka draf dikembalikan ke Kepala Bidang Pelayanan Terpadu pada DPMPTSP untuk direvisi
    10. Petugas back office memberikan nomor, tanggal, dan stempel perangkat daerah pada surat izin serta menyerahkan arsip ke Bidang Data, Informasi, dan Pengaduan pada DPMPTSP
    11. Petugas Loket Penyerahan menerima persyaratan administrasi yang harus diserahkan pemohon dan menyerahkan surat izin kepada Pemohon
    5 Hari kerja

    Jam kerja hari Senin s.d. Kamis: 07.00 - 16.00 WIB.

    Jam kerja hari Jum’at: 07.00 - 11.00 WIB.

    Tidak dipungut biaya
  • Dokumen berupa Izin Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)

  • Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei