Pelayananan Pencatatan Kematian



  • Surat Kematian (visum) dari dokter / petugas kesehatan / RSU.
  • Fotocopy KTP-el dan Kertu Keluarga yang bersangkutan
  • Fotocopy KTP-el saksi 2 orang.
  • Akta Kelahiran yang meninggal (bagi yang memiliki).
  • Surat Keterangan Pelaporan Kematian dari Ketua RT, apabila Surat Kematian (visum) dari dokter / petugas kesehatan / RSU tidak ada.
  • Bagi WNA melampirkan paspor, Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dari POLRI dan dokumen keimigrasian.
    1. Pemohon mengisi dan menandatangani serta menyerahkan formulir Surat Keterangan Pelaporan Kematian berikut persyaratannya diloket penerima berkas, dan petugas penerima berkas memeriksa kelengkapan persyaratan.
    2. Kepala Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian melakuan verifikasi persyaratan.
    3. Kepala Bidang Pencatatan Sipil melakukan verfikasi dan validasi
    4. Operator pencatatan sipil melakukan entri data dan mencetak Kutipan Akta Kematian dan register Akta Kematian.
    5. Kepala Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian dan Kepala Bidang Pencatatan Sipil melakuan koreksi dan paraf hasil cetak Kutipan Akta Kematian dan Register Akta Kematian.
    6. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya menandatangani Kutipan Akta Kematian dan Register Akta Kematian.
    7. Petugas loket pengambilan melakukan stempel dinas dan menyerahkan Kutipan Akta Kematian kepada pemohon.

    1. GRATIS (Kurang dari 30 hari)

    2. Pelaporan kematian diatas 30 hari sejak tanggal kematian dikenakan sanksi

        sebesar Rp. 100.000,- 

  • Kutipan Akta Kematian.
  •    Tim Penanganan Pengaduan  

    Nomor  Pengaduan :

    1.  SMS/Whatsapp(WA) : 0823 5894 3300

    2.  E-mail : pengaduandisdukcapil@gmail.com

    3.  Website : https://dukcapil.palangkaraya.go.id 

    4.  Website : Lapor.go.id

    5. SMS : 1708


    Berita Terkait

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei