Pelayanan Perizinan Layanan Kuning Plus Untuk Memberi Pekerjaan Subkontrak Dari Kawasan Berikat Ke Tempat Lain Dalam Daerah Pabean



  • 1. Surat permohonan dan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan telah diajukan dengan lengkap dan sesuai melalui aplikasi web base Customs Care;
  • 2. Adanya koneksi jaringan internet.
  • 1. Untuk subkontrak dari Kawasan Berikat ke TLDDP surat permohonan persetujuan dilampiri dengan :
  • a. Fotokopi izin usaha perusahaan industri/badan usaha di tempat lain dalam daerah pabean yang akan menerima pekerjaan subkontrak;
  • b. Perjanjian Subkontrak paling sedikit memuat :
  • • Uraian pekerjaan yang dilakukan;
  • • Jangka waktu pekerjaan Subkontrak;
  • • Data konversi pemakaian barang dan/atau bahan, meliputi :
  • Data jumlah barang dan atau bahan yang akan disubkontrakkan
  • Data jumlah barang hasil pekerjaan subkontrak; dan
  • Data jumlah barang /bahan sisa dan/atau potongan
  • c. Perhitungan perkiraanbarang/bahan sisa dan/atau potongan untuk pekerjaan yang menghasilkan sisa;
  • d. Perhitungan besarnya nilai pungutan negara untuk perhitungan jaminan;
  • e. Surat Pernyataan dari penerima pekerjaan subkontrak tentang kesediaannya untuk diaudit oleh DJBC;
  • 2. Dokumen diajukan dengan lengkap.
    1. PKB/PDKB mengajukan Surat Permohonan Perizinan beserta kelengkapannya melalui media elektronik (aplikasi perizinan web based Customs Care) ke KPPBC TMP A Bandung, berupa: - Fotokopi izin PKB/PDKB penerima subkontrak; - Perjanjian Subkontrak; dan - Perhitungan perkiraan barang/bahan sisa dan/atau potongan untuk pekerjaan yang menghasilkan sisa.
    2. Surat Permohonan Perizinan beserta kelengkapannya diteliti oleh Staf PKC menggunakan aplikasi perizinan web based Customs Care, kemudian Staf PKC membuat risalah penelitian. Dokumen diteruskan melalui aplikasi web based Customs Care kepada Kepala Seksi PKC.
    3. Kepala Seksi PKC menerima risalah penelitian kelengkapan dari Staff PKC. Apabila tidak lengkap, dokumen ditolak. Apabila lengkap, Kepala Seksi PKC meneliti keabsahan (valid) isi dokumen. Apabila tidak valid, dokumen ditolak kemudian Kepala Seksi mencetak dan menandatangani Surat Penolakan. Apabila valid, Kepala Seksi PKC mencetak dan menandatangani Surat Persetujuan. Surat Persetujuan/Penolakan dalam bentuk fisik diserahkan kepada Staff PKC.
    4. Staff PKC memindai (scan) Surat Persetujuan/Penolakan dan mengunggah (upload) Surat persetujuan ke aplikasi perizinan web based Customs Care.
    5. Pengusaha PKB/PDKB atau kuasanya menerima Surat Persetujuan atau penolakan/pengembalian dengan cara mendownload melalui aplikasi web based Customs Care.
    6. Selesai
    90 Menit

    SOP ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 90 menit sejak diterimanya surat permohonan sampai dengan surat persetujuan atau surat penolakan disampaikan ke perusahaan (pemohon).
    Tidak dikenakan biaya.
    Jalur Aduan Pelayanan: Email: ki.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992 ext.211 Aplikasi SIPUMA : www.beacukai.go.id/pengaduan Jalur Layanan Informasi: Email: pli.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei