Pelayanan Perizinan Layanan Kuning Plus Untuk Pemasukan Kembali Barang Hasil Produksi Kawasan Berikat Dari Luar Daerah Pabean Ke Kawasan Berikat (Re-Impor)



  • 1. Surat permohonan dan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan telah diajukan dengan lengkap dan sesuai melalui aplikasi web base Customs Care;
  • 2. Adanya koneksi jaringan internet.
    1. PKB/PDKB mengajukan Surat Permohonan Perizinan beserta kelengkapannya melalui media elektronik (aplikasi perizinan web based Customs Care) ke KPPBC TMP A Bandung, berupa: - Daftar berisi data barang yang akan dimasukkan meliputi jumlah, jenis, dan nomor dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang; - Korespondensi dengan pihak customer yang menyampaikan alasan pengembalian barang/ Surat Pernyataan atas kepemilikan barang selaku eksportir-importir-produsen untuk pemenuhan pesanan pembeli; dan -fotokopi dokumen pemberitahuan ekspor barang dan dokumen pelengkap pabean lainnya.
    2. Surat Permohonan Perizinan beserta kelengkapannya diteliti oleh Staf PKC menggunakan aplikasi perizinan web based Customs Care, kemudian Staf PKC membuat risalah penelitian. Dokumen diteruskan melalui aplikasi web based Customs Care kepada Kepala Seksi PKC.
    3. Kepala Seksi PKC menerima risalah penelitian kelengkapan dari Staff PKC. Apabila tidak lengkap, dokumen ditolak. Apabila lengkap, Kepala Seksi PKC meneliti keabsahan (valid) isi dokumen. Apabila tidak valid, dokumen ditolak kemudian Kepala Seksi mencetak dan menandatangani Surat Penolakan. Apabila valid, Kepala Seksi PKC mencetak dan menandatangani Surat Persetujuan. Surat Persetujuan/Penolakan dalam bentuk fisik diserahkan kepada Staff PKC.
    4. Staff PKC memindai (scan) Surat Persetujuan/Penolakan dan mengunggah (upload) Surat persetujuan ke aplikasi perizinan web based Customs Care.
    5. Pengusaha PKB/PDKB atau kuasanya menerima Surat Persetujuan atau penolakan/pengembalian.
    6. Selesai
    90 Menit

    SOP ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 90 menit sejak diterimanya surat permohonan sampai dengan surat persetujuan atau surat penolakan disampaikan ke perusahaan (pemohon).
    Tidak dikenakan biaya.
    Jalur Aduan Pelayanan: Email: ki.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992 ext.211 Aplikasi SIPUMA : www.beacukai.go.id/pengaduan Jalur Layanan Informasi: Email: pli.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei