Pemeriksaan Fisik Barang Jalur Merah ( 1. 1 - 5 Peti Kemas)



  • 1. Packing List
  • 2. Importir menyatakan bahwa barang impor telah siap di periksa
  • 3. Pemeriksaan dihadiri oleh importir atau kuasanya
    1. Importir/Kuasanya mengajukan dokumen PIB kepada Staf PKC dan mentransfer data PIB ke dalam Sistem Komputer Pelayanan (SKP)
    2. SKP menerima transfer data PIB dan menerbitkan Surat Pemberitahuan Jalur Merah (SPJM)
    3. Staf PKC menerima PIB dari Importir/Kuasanya untuk digabungkan dengan SPJM dari SKP. Kemudian Staf PKC menerbitkan tanda terima hardcopy dokumen dan diserahkan kepada Importir/kuasanya
    4. Importir/Kuasanya menerima tanda terima hardcopy dokumen dan melaporkan kesiapan barang impor yang akan diperiksa
    5. Staf PKC menyetujui pemberitahuan kesiapan barang pada SKP
    6. SKP menunjuk pejabat pemeriksa barang dan menerbitkan Instruksi Pemeriksaan, dan: a. Menentukan tingkat pemeriksaan berdasarkan profil importir dan komoditi barang impor b. Menentukan nomor kontainer yang wajib diperiksa oleh pemeriksa barang
    7. Kepala Seksi PKC menerima serta menyerahkan IP dan meminta pengajuan contoh dan/atau foto barang (jika diperlukan) dan fotokopi packing list kepada pejabat pemeriksa barang serta menentukan nomor kemasan yang akan diperiksa atau meminta pemeriksa barang menitikberatkan pemeriksaan pada hal-hal tertentu pada IP
    8. Staf PKC menerima IP dan packing list dari Kepala Seksi PKC dan menyerahkannya kepada pejabat pemeriksa barang.
    9. Pejabat pemeriksa barang menerima IP dan packing list serta melakukan penelitian terkait jumlah, jenis dan uraian kemasan pada packing list a. Mencocokan nomor, ukuran, jumlah dan jenis petikemas dengan IP. Apabila tidak sesuai, membuat laporan kepada Staf PKC untuk diteruskan kepada Kepala Seksi PKC dan dibuatkan Nota Dina kepada Seksi P2 b. Memeriksa keutuhan segel petikemas, l dan melakukan pemotretan terhadap segel tersebut (sebagai bukti). Apabila tidak sesuai, membuat laporan kepada Staf PKC untuk diteruskan kepada Kepala Seksi PKC dan dibuatkan Nota Dina kepada Seksi P2 c. Mengawasi pengeluaran (stripping) barang dari seluruh petikemas yang telah ditunjuk di IP d. Menghitung jumlah kemasan, memeriksa jenis kemasan barang impor yang telah di stripping, serta mencocokan dengan packing list dan melakukan pemotretan terhadap barang yang diperiksa e. Memeriksa jumlah satuan barang dari setiap jenis barang yang diperiksa f. Memeriksa jenis barang, merk, tipe, ukuran, data teknis atau spesifikasi, dan kondisi barang yang diperiksa g. Membubuhkan tanda tangan pada contoh barang dan/atau foto barang (jika ada) h. Membubuhkan paraf pada kemasan yang telah dilakukan pemeriksaan fisik i. Mengawasi pemasukan (stuffing) barang yang telah diperiksa ke dalam petikemas j. Mencocokkan jumlah dan jenis barang yang diperiksa dengan packing list k. Membuat Berita Acara Pemeriksaan fisik barang dan menyerahkan kepada importir/PPJK untuk ditandatangani
    10. Importir/PPJK menerima, menandatangani dan mengembalikan BA Pemeriksaan Fisik kepada pejabat pemeriksa barang
    11. Pejabat Pemeriksa Barang melakukan : a. Menerima kembali BA Pemeriksaan fisk, membuat kesimpulan hasil pemeriksaan dan menuangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sesuai Lampiran IV.10 Perdirjen BC nomor P-08/BC/2009 serta menandatangani LHP b. Merekam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan mengunggah foto barang ke dalam SKP c. Menyerahkan Berita Acara Pemeriksaan fisik, LHP, packing list, Foto dan/atau Barang Contoh kepada Staf PKC
    12. Staf PKC menerima BA Pemeriksaan fisik, LHP, packing list, foto dan/atau barang contoh dari pejabat pemeriksa barang dan menyerahkannya kepada Seksi PKC
    13. Kepala Seksi PKC menerima BA Pemeriksaan fisik, LHP, packing list, foto dan/atau barang contoh dari Staf PKC
    180 Menit

    Norma waktu layanan disesuaikan dengan jumlah peti kemas yang diperiksa dengan rincian sebagai berikut: 1. 1 - 5 peti kemas paling lama 3 (tiga) Jam 2. > 5 peti kemas paling lama 5 (lima) Jam
    Tidak dikenakan biaya.
  • Laporan Hasil Pemeriksaan
  • Jalur Aduan Pelayanan: Email: ki.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992 ext.211 Aplikasi SIPUMA : www.beacukai.go.id/pengaduan Jalur Layanan Informasi: Email: pli.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei