Perizinan Layanan Merah Untuk Pengeluaran Bahan Baku Dan/Atau Sisa Bahan Asal Luar Daerah Pabean Ke Luar Daerah Pabean (Re-Ekspor)



  • 1.Surat permohonan persetujuan pengeluaran bahan baku dan/atau sisa bahan baku asal luar daerah pabean ke luar daerah pabean (Re-Ekspor) dilampiri dengan :
  • a.rincian jumlah dan jenis bahan baku dan/atau sisa bahan baku yang akan dikeluarkan;
  • b.fotokopi dokumen pemasukan bahan baku;
  • c.alasan reekspor bahan baku/ sisa bahan baku;
  • d.bila bahan baku akan direekspor bukan ke negara asal pemohon wajib melampirkan surat pernyataan atau korespondensi dengan pihak supplier bahan tersebut.
  • 2.Dokumen diajukan dengan lengkap.
    1. PKB/PDKB mengajukan Surat Permohonan Persetujuan Pengeluaran re-ekspor dengan menyebutkan alasan pengeluaran, tujuan pengeluaran, bila tujuan bukan ke negara asal barang dilengkapi bukti permintaan supplier, Re-ekspor beserta lampiran: -rincian jumlah dan jenis bahan bakuda/sisa bahan baku -fotokopi dokumen pemasukan bahan baku
    2. Pejabat penerima dokumen (pendok) di KPPBC menerima Surat Permohonan Persetujuan Re-ekspor beserta lampiran. Kemudian pejabat pendok meneliti kelengkapan persyaratan. Apabila telah lengkap, membukukan pada buku register serta memberikan nomor agenda surat masuk dan memberikan tanda terima kepada pemohon. Apabila tidak lengkap dikembalikan kepada PKB/PDKB untuk dilengkapi atau diperbaiki.
    3. Kasi PKC menerima berkas permohonan Surat Permohonan Persetujuan Re-ekspor beserta lampiran kemudian memeriksa seluruh persyaratan.
    4. Kasi PKC memberikan persetujuan apabila memenuhi syarat. Selanjutnya Kasi PKC mendisposisi ke Staf PKC untuk menyiapkan konsep Surat Persetujuan atau surat
    5. Staf PKC menyiapkan konsep surat persetujuan / pengembalian / penolakan sesuai disposisi Kasi PKC
    6. Kasi PKC memeriksa dan menandatangani surat persetujuan /pengembalian / penolakan
    7. Staf PKC menatausahakan surat persetujuan /pengembalian / penolakan sesuai peruntukannya - Surat Persetujuannnya (alamat tujuan) diserahkan kepada staff Penerima Dokumen - Tembusan sesuai alamat tujuan - Arsip
    8. Staff Penyerahan Dokumen menerima Surat Persetujuan untuk diserahkan kepada Pengusaha PDKB PKB atau kuasanya dengan tanda terima.
    9. Pengusaha PDKB/PKB atau kuasanya menerima Surat Persetujuan atau penolakan/pengembalian dan mengembalikan tanda terima kepada Staff Penyerahan Dokumen.
    10. Selesai
    240 Menit

    SOP ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 4 jam kerja sejak penerimaan surat permohonan persetujuan subkontrak sampai dengan surat persetujuan atau surat penolakan diserahkan kepada perusahaan (pemohon).
    Tidak dikenakan biaya.
    Jalur Aduan Pelayanan: Email: ki.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992 ext.211 Aplikasi SIPUMA : www.beacukai.go.id/pengaduan Jalur Layanan Informasi: Email: pli.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei