Perizinan Pemberian Pekerjaan Subkontrak Dari Perusahaan Di Kawasan Berikat Ke Tempat Lain Dalam Daerah Pabean



  • 1. Untuk subkontrak dari Kawasan Berikat ke TLDDP surat permohonan persetujuan dilampiri dengan :
  • a. Fotokopi izin usaha perusahaan industri/badan usaha di tempat lain dalam daerah pabean yang akan menerima pekerjaan subkontrak;
  • b. Perjanjian Subkontrak paling sedikit memuat :
  • • Uraian pekerjaan yang dilakukan;
  • • Jangka waktu pekerjaan Subkontrak;
  • • Data konversi pemakaian barang dan/atau bahan, meliputi :
  • Data jumlah barang dan atau bahan yang akan disubkontrakkan
  • Data jumlah barang hasil pekerjaan subkontrak; dan
  • Data jumlah barang /bahan sisa dan/atau potongan
  • c. Perhitungan perkiraanbarang/bahan sisa dan/atau potongan untuk pekerjaan yang menghasilkan sisa;
  • d. Perhitungan besarnya nilai pungutan negara untuk perhitungan jaminan;
  • e. Surat Pernyataan dari penerima pekerjaan subkontrak tentang kesediaannya untuk diaudit oleh DJBC;
  • 2. Dokumen diajukan dengan lengkap.
    1. PKB/PDKB mengajukan Surat Permohonan Persetujuan memberi pekerjaan subkontrak dari Tempat Penimbunan Berikat ke perusahaan di tempat lain dalam daerah pabean; dengan melampirkan : - Fotokopi izin usaha perusahaan industri/badan usaha penerima subkontrak - Perjanjian Subkontrak - Perhitungan perkiraan barang/bahan sisa - Perhitungan Nilai Jaminan - Surat Pernyataan penerima subkontrak besedia diaudit Bea dan Cukai
    2. Pejabat penerima dokumen (pendok) di KPPBC menerima Surat Permohonan Persetujuan memberi pekerjaan subkontrak ke perusahaan Kawasan Berikat lainnya beserta lampiran. Kemudian pejabat pendok meneliti kelengkapan persyaratan. Apabila telah lengkap, membukukan pada buku register serta memberikan nomor agenda surat masuk dan memberikan tanda terima kepada pemohon. Apabila tidak lengkap dikembalikan kepada PKB/PDKB untuk dilengkapi atau diperbaiki.
    3. Kasi PKC menerima berkas permohonan Surat Permohonan Persetujuan memberi pekerjaan subkontrak ke perusahaan Kawasan Berikat lainnya kemudian memeriksa seluruh persyaratan.
    4. Kasi PKC memberikan persetujuan apabila memenuhi syarat. Selanjutnya Kasi PKC mendisposisi ke Staf PKC untuk menyiapkan konsep Surat Persetujuan atau surat pengembalian/penolakan apabila tidak memenuhi syarat.
    5. Staf PKC menyiapkan konsep surat persetujuan / pengembalian / penolakan sesuai disposisi Kasi PKC
    6. Kasi PKC memeriksa dan menandatangani surat persetujuan /pengembalian / penolakan
    7. Staf PKC menatausahakan surat persetujuan /pengembalian / penolakan sesuai peruntukannya - Surat Persetujuannnya (alamat tujuan) diserahkan kepada staff Penerima Dokumen - Tembusan sesuai alamat tujuan - Arsip
    8. Staff Penyerahan Dokumen menerima Surat Persetujuan untuk diserahkan kepada Pengusaha PDKB PKB atau kuasanya dengan tanda terima.
    9. Pengusaha PDKB/PKB atau kuasanya menerima Surat Persetujuan atau penolakan/pengembalian dan mengembalikan tanda terima kepada Staff Penyerahan Dokumen.
    10. Selesai
    240 Menit

    SOP ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 4 jam kerja sejak penerimaan surat permohonan persetujuan subkontrak sampai dengan surat persetujuan atau surat penolakan diserahkan ke perusahaan (pemohon).
    Tidak dikenakan biaya.
    Jalur Aduan Pelayanan: Email: ki.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992 ext.211 Aplikasi SIPUMA : www.beacukai.go.id/pengaduan Jalur Layanan Informasi: Email: pli.bctmpabandung@customs.go.id Telepon: (022) 7810992

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei