Pemberitahuan Pabean dalam rangka Ekspor (BC 3.0)

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • Eksportir mengisi PEB secara lengkap dengan menggunakan modul aplikasi ekspor, berdasarkan pada data dan informasi dari dokumen pelengkap pabean meliputi: a. data PEB; b. data PKB (dalam hal barang ekspor dikenai Bea Keluar) c. lembar lanjutan dengan mencantumkan identitas pengirim dan penerima pada kolom uraian barang (dalam hal barang ekspor melalui PJT dan PJT bertindak sebagai eksportir); kemudian menandatangani dan membubuhkan stempel perusahaan;
  • Eksportir melakukan pembayaran bea keluar (BK) untuk komoditas tertentu yang terkena pajak ekspor melalui Bank Persepsi/ Pos Persepsi;
  • Eksportir menyampaikan hardcopy dan softcopy PEB kepada pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai;
  • Memenuhi persyaratan perizinan dari instansi teknis terkait dalam hal barang yang diekspor masuk dalam kategori barang yang terkena aturan larangan dan/atau pembatasan.
  • Eksportir menyiapkan PEB dengan menggunakan program aplikasi PEB kemudian menyerahkan hasil cetak PEB yang sudah ditandatangani dan distempel perusahaan, Media Penyimpan Data elektronik yang berisi data PEB, bukti pembayaran PNBP dan/atau Bea Keluar, dan dokumen pelengkap pabean ke pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen di kantor pabean pemuatan.
  • Pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen melakukan penelitian ada tidaknya pemblokiran eksportir/PPJK. - Dalam hal hasil penelitian menunjukkan eksportir/PPJK diblokir, pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen mengembalikan PEB dan menerbitkan NPP. - Dalam hal hasil penelitian menunjukkan eksportir/PPJK tidak diblokir, pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen melalui Sistem Komputer Pelayanan melakukan penelitian kelengkapan dan kesesuaian antara PEB dengan dokumen pelengkap pabean dan bukti pembayaran PNBP dan/atau Bea Keluar.
  • - Dalam hal hasil penelitian menunjukkan: a. dokumen pelengkap pabean tidak lengkap; b. pengisian data PEB tidak sesuai dengan dokumen pelengkap pabean dan/atau bukti pembayaran PNBP dan/atau Bea Keluar, pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen mengembalikan kepada eksportir dokumen disertai NPP kepada eksportir. - Dalam hal hasil penelitian oleh pejabat penerima dokumen menunjukkan: a. dokumen pelengkap pabean lengkap; b. pengisian data PEB sesuai dengan dokumen pelengkap pabean dan/atau bukti pembayaran PNBP dan/atau Bea Keluar, Pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen mengunggah data PEB dari Media Penyimpan Data Elektronik ke Sistem Komputer Pelayanan.
  • SKP melakukan penelitian kelengkapan pengisian data PEB. - Dalam hal penelitian menunjukkan pengisian data PEB tidak lengkap maka diterbitkan NPP. - Dalam penelitian menunjukkan pengisian data PEB lengkap maka SKP melakukan penelitian pos tarif yang berkaitan dengan barang ekspor yang dilarang atau dibatasi.
  • - Dalam hal hasil penelitian oleh SKP menunjukkan pos tarif barang ekspor termasuk dalam pos tarif barang yang dilarang atau dibatasi, maka pelaksana pada Seksi PKCDT yang bertugas sebagai penerima dokumen mengirimkan berkas PEB kepada Kasi P2. (SOP Larangan atau Pembatasan). - Dalam hal hasil penelitian oleh SKP menunjukkan pos tarif barang ekspor tidak termasuk dalam pos tarif barang yang dilarang atau dibatasi, maka SKP memberi nomor dan tanggal pendaftaran PEB, dan menerbitkan respon: a. NPE, dalam hal atas barang ekspor tidak dilakukan pemeriksaan fisik; atau b. PPB, dalam hal atas barang ekspor dilakukan pemeriksaan fisik.
30 Menit

paling lama 30 (tiga puluh) menit sejak data diterima lengkap sampai dengan pengiriman respon nomor pendaftaran: 1. Tidak termasuk konfirmasi perizinan dari instansi terkait dan 2. Tidak termasuk waktu tunggu konfirmasi pembayaran bank.
Tidak dipungut biaya
Berikan Rating

Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Pemberitahuan Pabean dalam rangka Ekspor (BC 3.0)"

Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

Berita Instansi

Keren, PA Pasir Pengaraian Meluncurkan Inovasi Baru Bernama “Mobile Posbakum” di Kantor Desa Tanjung Medan

“Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Masyarakat menjadi sangat terbantu untuk mendapat identitas legal perkawinan”, Ujar Tamrin, S.Ag., M.Sy.

09/03/2021

Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA

Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA oleh investor dari Perancis.

09/03/2021

Rapat Kerja dengan Komisi 1 dan Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang

Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi Le Saft oleh investor dari Perancis.

09/03/2021
Berita lainnya

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pemberitahuan Pabean dalam rangka Ekspor (BC 3.0)"

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei