Pemeriksaan Dokumen Jalur Merah

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • PIB yang telah diberi nomor dan tanggal
  • Dokumen pelengkap pabean
  • LHP dan BAP Fisik
  • Contoh Barang
  • PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis menerima dan melakukan penelitian PIB, dokumen pelengkap pabean, LHP dan BAP Fisik.
  • Dalam hal diperlukan dokumen tambahan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis dapat meminta tambahan dokumen pelengkap pabean dengan mekanisme NPD (Nota Permintaan Data dan Dokumen) melalui SKP, sarana komunikasi elektronik atau surat apabila sangat diperlukan untuk penelitian dokumen.
  • Dalam hal diperlukan uji laboratorium terhadap contoh barang, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis mengirim contoh barang dan salinan invoice/packing list ke laboratorium sesuai dengan SOP Penelitian Laboratorium.
  • Dalam hal hasil pemeriksaan fisik dan/atau laboratorium kedapatan tidak sesuai, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis dapat meneruskan kepada unit pengawasan. 1) Unit pengawasan menyampaikan kepada PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis dalam waktu 1 x 24 jam apakah akan melakukan penelitian lanjutan; 2) Dalam hal tidak dilakukan penelitian lanjutan atau dalam waktu 1 x 24 jam tidak ada respon penelitian lanjutan oleh unit pengawasan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis melakukan penelitian tarif dan nilai pabean, serta pemenuhan ketentuan tentang larangan/pembatasan,
  • Dalam hal hasil pemeriksaan fisik dan hasil uji laboratorium (jika dilakukan uji laboratorium) menunjukkan kesesuaian dengan pemberitahuan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis melakukan penelitian tarif dan nilai pabean, serta pemenuhan ketentuan tentang larangan/pembatasan.
  • Dalam hal hasil penelitian tarif dan nilai pabean tidak mengakibatkan kekurangan pembayaran dan hasil penelitian pemenuhan ketentuan tentang larangan/pembatasan menunjukkan bahwa: 1) barang impor bukan merupakan barang larangan atau pembatasan atau telah memenuhi ketentuan larangan atau pembatasan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis menerbitkan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB); atau 2) barang impor merupakan barang larangan atau pembatasan dan belum memenuhi ketentuan larangan atau pembatasan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis menerbitkan Surat Penetapan Barang Larangan/Pembatasan (SPBL) yang berfungsi sebagai pemberitahuan dan penetapan tarif.
  • Dalam hal hasil penelitian tarif dan nilai pabean mengakibatkan kekurangan pembayaran dan hasil penelitian pemenuhan ketentuan tentang larangan/pembatasan menunjukkan bahwa: 1) barang impor bukan merupakan barang larangan atau pembatasan atau telah memenuhi ketentuan larangan atau pembatasan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis menerbitkan: a) SPTNP dan mengirimkan respon SPTNP serta kode billing kepada Importir, dengan tembusan kepada Pejabat yang menangani penagihan, untuk PIB yang wajib dibayar; atau b) SPPJ dan mengirimkan respons SPPJ kepada Importir, dengan tembusan kepada Pejabat yang menangani jaminan, untuk PIB yang mendapatkan penundaan; atau c) SPPB jika Importir telah melunasi kekurangan berdasarkan SPTNP; dan/atau menyesuaikan jaminan berdasarkan SPPJ; atau Importir menyerahkan jaminan dalam hal mengajukan keberatan; atau d) SPTNP dan SPPB jika barang diimpor oleh importir dengan kategori resiko rendah dan tidak mendapatkan persetujuan penundaan pembayaran bea masuk. 2) barang impor merupakan barang larangan atau pembatasan dan belum memenuhi ketentuan larangan atau pembatasan, PFPD/Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis menerbitkan SPTNP/SPPJ dan SPBL.
3 Hari kerja

a. 3 (tiga) hari sejak diterimanya LHP dan BAP Fisik oleh pejabat pemeriksa dokumen sampai dengan penerbitan SPPB untuk Kantor Pabean yang telah ditetapkan untuk memberikan pelayanan kepabeanan selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu; dan b. 3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya LHP dan BAP Fisik oleh pejabat pemeriksa dokumen sampai dengan penerbitan SPPB untuk Kantor Pabean yang belum ditetapkan untuk memberikan pelayanan kepabeanan selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu Jangka waktu tersebut tidak termasuk waktu yang diperlukan untuk: a. Pemeriksaan Laboratorium; b. Permintaan Informasi Nilai Pabean; c. Konfirmasi Uraian Barang; dan d. Nota Permintaan Data/Dokumen
Tidak dipungut biaya
  • SPTNP dan/atau SPPJ dan/atau SPPB
  • Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Pemeriksaan Dokumen Jalur Merah"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    Keren, PA Pasir Pengaraian Meluncurkan Inovasi Baru Bernama “Mobile Posbakum” di Kantor Desa Tanjung Medan

    “Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Masyarakat menjadi sangat terbantu untuk mendapat identitas legal perkawinan”, Ujar Tamrin, S.Ag., M.Sy.

    09/03/2021

    Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021

    Rapat Kerja dengan Komisi 1 dan Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi Le Saft oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021
    Berita lainnya
    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei