KPPBC TMP Tanjung Perak

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Jl. Perak Timur 498 Surabaya


IPP - SKM -

Standar Pelayanan Pemberian Izin Barang Impor Sementara

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • 1. Importir atau kuasanya membuat Surat Permohonan kepada Kepala Kantor Pabean tempat pemasukan barang; 2. Surat permohonan fasilitas impor sementara yang ditandatangani oleh pemohon yang namanya tercantum dalam API/ APIT atau kuasanya, yang mencantumkan: a) Rincian jenis, jumlah, spesifikasi, identitas dan perkiraan nilai pabean barang impor sementara. b) Pelabuhan tempat pemasukan barang impor sementara. c) Lokasi dan tujuan penggunaan barang impor sementara, dan d) Jangka waktu impor sementara. 3. Dokumen pendukung berkaitan dengan peruntukan barang yang akan diimpor. 4. Barang yang akan diimpor memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1) tidak akan habis dipakai; 2) identitas barang tersebut jelas; 3) dalam jangka waktu impor sementara tidak mengalami perubahan bentuk secara hakiki kecuali aus karena penggunaan; dan 4) terdapat dokumen pendukung bahwa barang tersebut akan diekspor kembali. 5. Terhadap barang impor sementara importir wajib menyerahkan jaminan kepada Kepala Kantor
  • Importir mengajukan surat permohonan impor sementara kepada Kepala Kantor dengan menyebutkan alasannya dan melampirkan dokumen-dokumen pendukung.
  • Kepala Kantor menerima dan mendisposisi kepada Kasi Pelayanan Pabean dan Cukai.
  • Kasi Pelayanan Pabean dan Cukai menerima dan mendisposisikan kepada Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai.
  • Kasi Pelayanan Pabean dan Cukai menerima dan mendisposisikan kepada pelaksana.
  • Pelaksana menerima dan meneliti surat permohonan dan dokumen pendukungnya, merujuk pada ketentuan / peraturan yang berlaku
  • Dalam hal permohonan lengkap, pelaksana membuat nota pendapat dan konsep izin/penolakan impor sementara. Dalam hal tidak lengkap, pelaksana membuat surat permintaan kelengkapan dokumen yang diparaf Kasubsi, ditandatangani oleh Kasi dan disampaikan kepada pemohon /importir.
  • Dalam hal importir melengkapi kekurangan dokumen, pelaksana meneliti kembali dokumen permohonan. Dalam hal importir tidak melengkapi maka permohonan tidak dapat diproses lebih lanjut.
  • Pelaksana membuat konsep Nota hasil penelitian dan konsep Izin Impor Sementara dan konsep Nota Dinas Permohonanan Penetapan Klasifikasi dan Nilai Pabean(bila kedapatan memenuhi syarat)
  • Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai menerima, meneliti, dan memparaf konsep, kemudian menyampaikan kepada Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai.
  • Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima, meneliti, dan menandatangani konsep bila konsep disetujui
  • Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima dan mendisposisikan kepada Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai dan pelaksana. Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai membuat konsep Izin Impor Sementara.
  • Pelaksana menyampaikan secara berjenjang konsep izin impor sementara dan nota pendapat kepada Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai untuk diparaf.
  • Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai meneruskan konsep izin impor kepada Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai untuk diparaf dan Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menandatangani nota pendapat untuk diserahkan kepada Kepala Kantor bersama dengan konsep surat keputusan izin impor sementara / surat penolakan.
  • Kepala Kantor memutuskan menerima atau menolak permohonan izin impor sementara.
  • Apabila ditolak, maka surat penolakan ditandatangani, dan dikirim kepada pemohon
  • Apabila diterima, maka Izin Impor Sementara ditandatangani, dan asli dikirim kepada pemohon dengan tembusan Direktur Fasilitas Kepabeanan, Kepala Kantor Wilayah, dan untuk berkas diarsip.
3 Hari kerja

Jangka waktu penyelesaian layanan pemberian izin impor sementara ini paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap sampai dengan diterbitkannya keputusan pemberian atau penolakan izin impor sementara.
tidak dipungut biaya/gratis
  • Izin Impor Sementara disetujui /ditolak
  • 1. Information desk 2. Unit Kepatuhan Internal
    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Pemberian Izin Barang Impor Sementara"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    Keren, PA Pasir Pengaraian Meluncurkan Inovasi Baru Bernama “Mobile Posbakum” di Kantor Desa Tanjung Medan

    “Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Masyarakat menjadi sangat terbantu untuk mendapat identitas legal perkawinan”, Ujar Tamrin, S.Ag., M.Sy.

    09/03/2021

    Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021

    Rapat Kerja dengan Komisi 1 dan Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi Le Saft oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021
    Berita lainnya

    Isu dan Keluhan

    Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Pemberian Izin Barang Impor Sementara"

    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei