KPPBC TMP Tanjung Perak

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Jl. Perak Timur 498 Surabaya


IPP - SKM -

Standar Pelayanan Permohonan Impor Barang Pindahan (personal effect)

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • 1. Surat permohonan diajukan pada saat barang pindahan tiba bersama – sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 ( tiga ) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia; 2. Surat permohonan menjelaskan alasan mengajukan pembebasan (PNS/TNI/POLRI tugas/tugas belajar ke luar negeri, Pelajar/Mahasiswa belajar ke luar negeri, TKI pada Perwakilan Indonesia di luar negeri, WNI yang bekerja/tinggal di luar negeri, WNA yang kerja di Indonesia; 3. Surat permohonan dilengkapi dengan dokumen : a. Daftar Rincian jumlah, jenis dan perkiraan nilai pabean atas barang yang dimintakan pembebasan bea masuk yang telah ditandasahkan; (invoice, Packing List) b. Bill of Lading (BL) c. Fotocopy Paspor d. Surat Kuasa (dalam hal dikuasakan) e. Fotocopy Kep. PPJK (dalam hal diurus PPJK) f. Surat Keterangan dan / atau dokumen terkait alasan pengajuan pembebasan sebagaimana dimaksud poin 2, yaitu : a) untuk PNS/TNI/POLRI • yang tugas ke luar negeri : - surat keputusan penempatan ke luar negeri - surat penarikan kembali ke Indonesia dari instansi yang bersangkutan • yang tugas belajar ke luar negeri : - surat keterangan belajar di luar negeri dari instansi yang bersangkutan b) untuk Pelajar, Mahasiswa, atau Orang yang belajar di Luar Negeri : - surat keterangan telah selesai belajar c) TKI yang ditempatkan pada perwakilan Indonesia di Luar Negeri berdasarkan perjanjian dengan Departemen Luar Negeri : - surat keterangan pindah - surat perjanjian kerja dengan Departemen Luar Negeri d) WNI yang karena pekerjaannya pindah dan berdiam di Luar Negeri : - surat keterangan pindah - rincian barang yang telah ditandasahkan oleh perwakilan Republik Indonesia di Negara yang bersangkutan e) Warga Negara Asing yang karena pekerjaannya pindah ke dalam daerah pabean Indonesia : - izin menetap sementara dari Direktorat Jenderal Imigrasi (Kartu Izin Menetap Sementara /KITAS) - izin kerja sementara dari departemen yang membidangi tenaga kerja (Kartu Izin Tenaga Asing Sementara / IMTA).
  • Pemohon mengajukan Permohonan
1 Hari kerja

Norma waktu pelayanan terbagi dalam 3 (tiga) tahap yaitu : 1. Sejak permohonan diterima dengan lengkap sampai dengan penunjukan Petugas Pengecekan Kelayakan Gudang atau Lapangan Penimbunan Milik Importir dilaksanakan paling lama 1 hari kerja. 2. Proses Pengecekan Kelayakan Gudang atau Lapangan Penimbunan Milik Importir sampai dengan diserahkannya Berita Acara dan Laporan Pelaksanaan Tugas dilaksanakan paling lama 2 hari kerja. 3. Sejak diterimanya Berita Acara dan Laporan Pelaksanaan Tugas sampai diterbitkannya Surat Persetujuan Pemeriksaan Fisik dilaksanakan paling lama 1 hari kerja.
tidak dipungut biaya/gratis
  • verifikasi izin oleh pejabat
  • 1. Information desk 2. Unit Kepatuhan Internal
    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Permohonan Impor Barang Pindahan (personal effect)"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    Keren, PA Pasir Pengaraian Meluncurkan Inovasi Baru Bernama “Mobile Posbakum” di Kantor Desa Tanjung Medan

    “Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Masyarakat menjadi sangat terbantu untuk mendapat identitas legal perkawinan”, Ujar Tamrin, S.Ag., M.Sy.

    09/03/2021

    Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021

    Rapat Kerja dengan Komisi 1 dan Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi Le Saft oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021
    Berita lainnya

    Isu dan Keluhan

    Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Permohonan Impor Barang Pindahan (personal effect)"

    Layanan Terkait

    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei