KPPBC TMP Tanjung Perak

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Jl. Perak Timur 498 Surabaya


IPP - SKM -

Standar Pelayanan Permohonan Impor Barang Tanpa NIK

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

  • Importir / kuasanya mengajukan permohonan impor tanpa NIK kepada Kepala Kantor, dilengkapi dokumen pelengkap pabean seperti invoice, packing list, Bill of Lading, serta dokumen berupa : a. Bukti persyaratan / pendukung terhadap importir yang dikecualikan dari b. Tanda Terima Permohonan Registrasi Kepabeanan ('ITP-RK) terhadap importir yang melakukan impor pertama kali dan belum memiliki NIK. c. Permohonan yang telah lengkap dan benar diproses untuk mendapatkan persetujuan / penolakan dari Kepala Kantor Pabean.
  • Importir / kuasanya mengajukan permohonan lZlil impor tanpa menggunakan NIK (Nomor Induk Kepabeanan) dilengkapi dengan dokumen pendukung;
  • Unit Office Automation menerima permohonan dan mendistribusikan kepada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai;
  • Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima dan mendistribusikan ke ada Ke ala Seksi Pela anan Ke abeanan dan Cukai;
  • Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima dan mendisposisikan kepada Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai;
  • Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima dan meneliti surat permohonan dan dokumen pendukungnya, merujuk pada ketentuan/ peraturan yang berlaku.
  • Dalam hal permohonan lengkap, pelaksana membuat nota pendapat dan konsep persetujuan/penolakan izin impor tanpa menggunakan NIK (Nomor Induk Kepabeanan) Dalam hal permohonan tidak lengkap, pelaksana menyampaikan kepada pemohon/ importir.
  • Dalam hal importir melengkapi kekurangan dokumen, pelaksana meneliti kembali dokumen permohonan. Dalam hal importir tidak melengkapi maka permohonan tidak dapat diproses lebih lanjut.
  • Pelaksana pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai membuat konsep Nota pendapat hasil pemeriksaan dan konsep Surat Persetujuan apabila kedapatan memenuhi syarat atau Surat Penolakan apabila kedapatan tidak memenuhi syarat.
  • Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai menerima, meneliti, dan memaraf konsep nota pendapat dan persetujuan/penolakan izin impor tanpa menggunakan NIK (Nomor Impor Kepabeanan}, kemudian menyampaikan kepada Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak;
  • Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak memutuskan menerima atau menolak permohonan izin impor tanpa menggunakan NIK (Nomor lmpor Kepabeanan);
  • Apabila ditolak, maka surat penolakan ditandatangani, dan dikirim kepada pemohon;
  • Apabila diterima, maka Surat Persetujuan impor tanpa menggunakan NIK (Nomor Impor Kepabeanan), asli dikirim kepada pemohon dengan tembusan Kepala Kanwil Jatim I, Kepala Seksi Penindakan dan Penvidikan, dan untuk berkas diarsip.
1 Hari kerja

Jangka waktu Penyelesaian layanan pemberian izin. impor tanpa menggunakan NIK (Nomor Induk Kepabeanan) ini dilaksanakan paling lama 1 (satu) hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap dan benar.
tidak dipungut biaya/gratis
  • Persetujuan/Penolakan Izin Impor tanpa NIK
  • 1. Information desk 2. Unit Kepatuhan Internal
    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Permohonan Impor Barang Tanpa NIK"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    Keren, PA Pasir Pengaraian Meluncurkan Inovasi Baru Bernama “Mobile Posbakum” di Kantor Desa Tanjung Medan

    “Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Masyarakat menjadi sangat terbantu untuk mendapat identitas legal perkawinan”, Ujar Tamrin, S.Ag., M.Sy.

    09/03/2021

    Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi PT. LESAFFRE SARI NUSA oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021

    Rapat Kerja dengan Komisi 1 dan Komisi 2 DPRD Kabupaten Malang

    Senin (8/2) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bupati Malang dalam Tinjau Lokasi pada pembangunan pabrik ragi Le Saft oleh investor dari Perancis.

    09/03/2021
    Berita lainnya

    Isu dan Keluhan

    Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan Permohonan Impor Barang Tanpa NIK"

    Layanan Terkait

    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei