Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)



  • 1. Mengajukan permohonan diatas materai 6.000
  • 2. Print out NIB (Nomor Induk Berusaha) dari OSS
  • 3. Print out Jenis Izin Usaha dari OSS
  • 4. Pas photo 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.
  • 5. Berita Acara pemeriksaan dari Dinas Kesehatan
  • 6. Surat keterangan atau izin usaha dari Camat/Lurah setempat
  • 7. Rancangan Label Pangan
  • 8. Sertifikat Penyuluhan Produksi Pangan dan Rumah Tangga
  • 9. Surat Kuasa bermaterai 6000 (jika diwakilkan).
  • 10. Bila ada perubahan harus melampirkan izin yang lama
    1. Pelaku Usaha datang ke loket informasi dengan membawa berkas yang diperlukan beserta NPWP, KTP dan nama email.
    2. Petugas informasi memberikan blanko surat permohonan dan ceklis pemenuhan komitmen ke Pelaku Usaha untuk dilengkapi. Kemudian mengarahkan Pelaku Usaha ke petugas klinik OSS.
    3. Petugas klinik OSS menerima dan menginput data pelaku usaha, izin usaha dan izin operasional yang dibutuhkan untuk menghasilkan NIB, izin usaha dan izin operasional dari OSS dengan didampingi oleh Pelaku Usaha. Petugas klinik OSS memberikan print out NIB, izin usaha dan izin operasional kepada pelaku usaha. Kesalahan penginputan data ke aplikasi OSS menjadi tanggung jawab Pelaku Usaha.
    4. Pelaku Usaha menerima print out NIB, izin usaha dan izin operasional langsung dari aplikasi OSS. Pelaku Usaha melengkapi berkas permohonan kemudian menyerahkan ke petugas loket pendaftaran beserta surat permohonan dan ceklis pemenuhan komitmen untuk diverifikasi kelengkapan dokumennya.
    5. Petugas loket pendaftaran menerima berkas permohonan, surat permohonan dan ceklis pemenuhan komitmen untuk diverifikasi. Selanjutnya menyerahkan ke Kepala Bidang PKPL. Petugas informasi dapat mengembalikan berkas permohonan kepada Pelaku Usaha apabila tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi kembali
    6. Kepala bidang PKPL menerima berkas dari petugas loket pendaftaran dan memverifikasinya. Selanjutnya menyerahkan ke Kasi Perizinan. Kepala bidang PKPL dapat mengembalikan berkas permohonan kepada petugas loket pendaftaran apabila tidak memenuhi persyaratan untuk dilengkapi kembali
    7. Kepala Seksi perizinan menerima berkas permohonan dari Kabid PKPL. Selanjutnya menghubungi tim teknis perizinan terkait untuk melaksanakan verifikasi faktual ke pelaku usaha
    8. Tim teknis perizinan terkait bersama dengan kasi perizinan melakukan verifikasi faktual atas berkas permohonan pelaku usaha. Selanjutnya menerbitkan BAP dan Surat Rekomendasi Teknis dan menyerahkannya ke kasi perizinan. Jika hasil verifikasi faktual tidak memenuhi syarat Tim teknis perizinan terkait bersama dengan kasi perizinan dapat menyerahkan kembali berkas permohonan ke pelaku usaha.
    9. Kasi perizinan menerima BAP dan Surat Rekomendasi Teknis. Selanjutnya mencetak draf surat persetujuan pemenuhan komitmen dan menyerahkannya ke Kabid Perizinan bersama dengan BAP, Surat Rekomendasi Teknis dan berkas perizinan.
    10. Kepala Bidang perizinan menerima dan memverifikasi draf surat persetujuan pemenuhan komitmen. Selanjutnya Kepala bidang perizinan menyerahkan draf surat persetujuan pemenuhan komitmen ke Sekretaris. Kepala bidang perizinan dapat mengembalikan draf surat persetujuan pemenuhan komitmen kepada kepala seksi perizinan apabila ada kesalahan untuk diperbaiki kembali
    11. Sekretaris menerima dan memverifikasi draf surat persetujuan pemenuhan komitmen. Selanjutnya Sekretaris menyerahkan ke Kepala Dinas. Sekretaris dapat mengembalikan draf surat persetujuan pemenuhan komitmen kepada kepala bidang perizinan apabila ada kesalahan untuk diperbaiki kembali
    12. Kepala Dinas memeriksa dan menandatangani surat persetujuan pemenuhan komitmen. Selanjutnya menyerahkan kepada petugas validasi izin via OSS. Kepala dinas dapat mengembalikan draf surat persetujuan pemenuhan komitmen kepada sekretaris apabila ada kesalahan untuk diperbaiki kembali
    13. Petugas menerima surat persetujuan pemenuhan komitmen. Kemudian memvalidasi pemenuhan komitmen berusaha via OSS. Selanjutnya menyerahkan surat persetujuan pemenuhan komitmen kepada petugas penyerahan izin
    14. Petugas penyerahan izin menerima surat persetujuan pemenuhan komitmen. Kemudian menyerahkannya ke Pelaku Usaha
    15. Pelaku Usaha menerima Surat persetujuan pemenuhan komitmen berusaha dan menandatangani daftar penyerahan izin
    3 Hari

    • Input Data, Verifikasi 1 hari
    • Verifikasi faktural di lapangan 1 hari
    • Validasi, cetak & Penandatanganan 1 hari

     

    Tidak dipungut biaya
  • Surat Keputusan Persetujuan Pemenuhan Komitmen Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
    • Website   : dpmptsp.dumaikota.go.id
    • Email       : dpmptspkotadumai@gmail.com
    • Telepon    : 0765-31222
    • Fax          : 0765-36909

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei