Standar Pelayanan Izin Operasional Rumah Sakit Kelas C Dan D



  • Fotocopy KTP;
  • Fotocopy Izin Mendirikan Rumah Sakit, bagi permohonan izin operasional untuk pertama kali;
  • Profil rumah sakit, meliputi visi dan misi, lingkup kegiatan, rencana strategi, dan struktur organisasi;
  • Isian instrumen self assessment sesuai klasifikasi Rumah Sakit yang meliputi pelayanan, seumber daya manusia, peralatan, bangunan dan prasarana ;
  • Gambar desain (blue print) dan foto bangunan serta sarana dan prasarana pendukung;
  • Fotocopy Izin Izin Penggunaan Bangunan (IPB) dan Sertifikat Laik Fungsi;
  • Dokumen pengelolaan lingkungan berkelanjutan;
  • Daftar sumber daya manusia;
  • Daftar peralatan medis dan non medis;
  • Daftar sediaan farmasi dan alat kesehatan;
  • Berita acara hasil uji fungsi peralatan kesehatan di sertai kelengkapan berkas izin pemanfaatan dari Dinas berwenang untuk peralatan tertentu; ;
  • Dokumen administrasi dan manajemen meliputi : a. badan hukum atau kepemilikan, b. peraturan internal rumah sakit (hospital by laws), c. komite medik, d. komite keperawatan, e. satuan pemeriksaan internal, f. surat izin praktik atau surat izin kerja tenaga kesehatan, g. standar prosedur operasional kredensial staf medis, h. surat penugasan klinis staf medis, i. surat keterangan / sertifikat hasil uji / kalibrasi alat kesehatan;
  • Asli surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan;
  • Bukti kepesertaan jaminan sosial kesehatan dan bukti kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan;;
  • Surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) dan fotocopy KTP apabila pengurusan di wakilkan.
    1. Menerima dan memverifikasi berkas permohonan. Memberikan Tanda Terima Kepada Pemohon
    2. Menolak permohonan izin dan/atau non izin yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan. Memproses dokumen izin dan/atau non izin.
    3. Kepala Dinas Selaku Koordinator Tim Teknis memberikan Surat Perintah Tugas (SPT) dan/atau Surat Perintah Tinjauan Lapangan (SPTL) kepada anggota tim Teknis.
    4. Melaksanakan pemeriksaan teknis di lapangan terhadap permohonan perizinan dan non perizinan yang memerlukan kajian teknis dan penelitian / survey lapangan. Melaksanakan Tinjauan Lapangan secara visual.
    5. Memproses dan menerbitkan Dokumen izin/atau non izin. Menghitung dan menetapkan Retribusi Daerah. Memproses penolakan, pencabutan dan pembatalan Izin dan/atau non izin.
    6. Penandatanganan sertifikat izin dan/atau non izin. Menandatangani Surat Penolakan, Pencabutan dan Pembatalan Dokumen Izin.
    7. Menyerahkan Dokumen Izin dan/atau non izin yang telah selesai kepada pemohon. Menyerahkan Surat Penolakan, Pencabutan, dan Pembatalan Dokumen Izin
    5 Hari kerja

    5 hari kerja (jika persyaratan benar dan lengkap).

  • Izin Operasional Rumah Sakit Kelas C dan D
    1. Saran dan Aduan di sampaikan melalui loket pengaduan, kotak saran, SMS, telepon, faximlie, dan/atau email yang telah di siapkan DPMP2TSP - SB;
    2. Pengaduan, saran dan masukan di terima oleh Kepala Seksi Pengaduan dan Informasi pada Bidang Kebijakan, Pelaporan dan Pengaduan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serdang Bedagai ( DPMP2TSP - SB)  ;
    3. Saran dan aduan segera ditangani dan ditindaklanjuti untuk diselesaikan; dan
    4. Pengaduan akan diselesaikan selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak pengaduan diterima dengan lengkap.

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei