Standar Pelayanan Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah



  • Fotocopy KTP;
  • Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan dan perubahannya dilengkapi dengan pengesahan Anggaran Dasar Perusahaan dan persetujuan / pemberitahuan perubahan (apabila ada) dari Menteri Hukum dan HAM;
  • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm (2 lembar);
  • Fotocopy Surat Tanah;
  • Asli surat rekomendasi kesesuaian tata ruang dari dinas terkait yang membidangi penataan ruang;
  • Asli surat rekomendasi Dinas Terkait jika dipersyaratkan;
  • Surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) dan fotocopy KTP apabila pengurusan di wakilkan.
    1. Menerima dan memverifikasi berkas permohonan. Memberikan Tanda Terima Kepada Pemohon
    2. Menolak permohonan izin dan/atau non izin yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan. Memproses dokumen izin dan/atau non izin
    3. Kepala Dinas Selaku Koordinator Tim Teknis memberikan Surat Perintah Tugas (SPT) dan/atau Surat Perintah Tinjauan Lapangan (SPTL) kepada anggota tim Teknis.
    4. Melaksanakan pemeriksaan teknis di lapangan terhadap permohonan perizinan dan non perizinan yang memerlukan kajian teknis dan penelitian / survey lapangan. Melaksanakan Tinjauan Lapangan secara visual.
    5. Memproses dan menerbitkan Dokumen izin/atau non izin. Menghitung dan menetapkan Retribusi Daerah. Memproses penolakan, pencabutan dan pembatalan Izin dan/atau non izin.
    6. Penandatanganan sertifikat izin dan/atau non izin. Menandatangani Surat Penolakan, Pencabutan dan Pembatalan Dokumen Izin.
    7. Menyerahkan Dokumen Izin dan/atau non izin yang telah selesai kepada pemohon. Menyerahkan Surat Penolakan, Pencabutan, dan Pembatalan Dokumen Izin
    5 Hari kerja

    5 hari kerja (jika persyaratan benar dan lengkap).

  • Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah
    1. Saran dan Aduan di sampaikan melalui loket pengaduan, kotak saran, SMS, telepon, faximlie, dan/atau email yang telah di siapkan DPMP2TSP - SB;
    2. Pengaduan, saran dan masukan di terima oleh Kepala Seksi Pengaduan dan Informasi pada Bidang Kebijakan, Pelaporan dan Pengaduan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serdang Bedagai ( DPMP2TSP - SB)  ;
    3. Saran dan aduan segera ditangani dan ditindaklanjuti untuk diselesaikan; dan
    4. Pengaduan akan diselesaikan selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak pengaduan diterima dengan lengkap.

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei